Review: Ip Man 3

Sudah lama kan gak baca review film dari saya? Kangen gag? *sapa juga yang nungguin* mari silakan.. tapi hati-hati ada spoiler!

Excited, ketika tau Ip Man 3 akan beredar di bioskop setelah Natal 2015. Apalagi ketika tau Mike Tyson menjadi salah salah satu tokoh di film tersebut. Udah kebayang serunya Master Yip duel dengan sang legenda leher beton.

Ip Man 3 merupakan film semi-biografi ketiga tentang kehidupan master Wing Chun yang dikenal sebagai guru dari Bruce Lee. Kali ini bercerita tentang Master Yip dan perguruan Wing Chun melawan gembong preman yang ingin menguasai sekolah tempat anak Master Yip menimba ilmu. Yang ternyata gembong preman tersebut dibawah kekuasaan Frank (diperankan Mike Tyson).

Ip Man 3 dibandingkan dengan kedua film sebelumnya terasa lebih datar, walaupun cerita antar ketiga film tidak secara langsung berkaitan. Cerita yang diangkat juga sepertinya kurang kuat, terlalu banyak yang ingin disampaikan jadi seperti tidak fokus.

Ip Man 3

Menurut saya kehadiran Mike Tyson tidak begitu membantu film ini menjadi lebih meriah. Tyson mungkin bisa saja digantikan dengan artis lain yang actingnya lebih bersungguh-sungguh & tidak kaku. Atau tokoh Frank dihilangkan sama sekali juga tidak akan memutuskan inti film. Yang lebih mengecewakan adalah duel antara Master Yip dan Frank yang saya kira adalah menjadi duel pamungkas film, ternyata hanya selewatan 3 menit saja dengan akhir duel yang boleh dibilang cuma ngretekein tangan Master Yip doang.

Donnie Yen tetap berhasil membawa kesan kalem, penuh kedamaian, dan rendah hati Master Yip. Di film ini pun, Master Yip digambarkan sebagai sosok ayah yang bertanggung jawab dan suami yang sangat sayang dengan istrinya. Ada adegan yang menggambarkan betapa romantisnya Master Yip kepada Cheung Wing. Di sisi lain, Master Yip tetap menjadi petarung hebat tidak terkalahkan, meskipun dengan Wing Chun lainnya. Pukulan maut bertubi-tubi dan efek suara tulang patah menjadi hal yang lumrah dan selalu dinantikan di film ini. Oh ya, ada penampakan Bruce Lee lho di Ip Man 3, tau kan?

Nah menurutmu, Ip Man 3 seperti apa ya? Bacanya Ip Man biasa aja ya, bukan Ai Pi Men hehehe..

 

^referensi:
IMDB: score 8.0/10
Wikipedia

1 Comment


  1. // Reply

    aktornya pas, sesuai di beak pemirsanya. film2 luar itu yang patut dicontoh milih aktor2nya tepat.
    thanks tulisannya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *