Mencoba Lensa Kontak Air Optix Aqua – #HealthyEyePrettyI

Mungkin sebagian dari teman-teman saya gak begitu ngeh kalau di balik mata sayu yang ganteng ini ternyata memiliki gangguan penglihatan jarak jauh (mata minus). Ya karena dalam keseharian saya lebih banyak menggunakan lensa kontak bening dari pada kacamata. Penggunaan lensa kontak menurut saya sangat membantu kegiatan sehari-hari saya. Saya bisa dengan leluasa melakukan kegiatan olahraga maupun gegulingan di kasur. Halah.

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan undangan dari Juara Agency untuk menghadiri gathering bloggers dengan Alcon, perusahaan internasional yang bergerak di bidang kesehatan mata. Acaranya seru dan sangat bermanfaat. Sebelum acara dimulai peserta diajak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mata oleh dr. Andri Agus Syah, OD. FPCO. FAAO, optometri dari Vio Optical, dan dilakukan refraksi serta pemasangan lensa kontak oleh konsultan.

Refraksi dan Periksa Mata |Photo by @masyogie
Refraksi dan Periksa Mata |Photo by @masyogie

Acara dilanjutkan dengan pemaparan produk oleh Ibu Ellyana dari Alcon dan bincang-bincang seputar kesehatan mata dan pemakaian lensa kontak oleh dr. Andri. Alcon saat ini memperkenalkan lensa kontak Air Optix Aqua dengan teknologi bahan dasar yang berbeda dari sebelumnya yaitu hydrogel, sehingga memungkinkan mata lebih mudah mendapatkan pasokan oksigen. Produk Alcon (dulunya Ciba Vision) sudah akrab di mata saya dengan lensa kontak bulanan FreshLook. Namun berbeda dengan Air Optix Aqua, bahan dasar FreshLook adalah hema silikon yang mengedepankan kandungan air lebih banyak sehingga lembut ketika ditempelkan di mata. Pada teknologi yang lama, lensa kontak dapat mudah mengering (menguap) jika terkena udara panas dan sinar matahari. Sehingga dalam penggunaannya harus menjaga kelembaban seputar mata.

Saat pemeriksaan mata di awal acara, konsultan dari Alcon melakukan fitting lensa kontak, memang pada saat pemasangan awal terasa lebih kaku dibandingkan dengan FreshLook. Namun tidak begitu lama mata sudah dapat beradaptasi dan merasa nyaman. Air Optix Aqua sangan cocok untuk pekerja kantoran yang lebih banyak menghabiskan waktunya di ruangan kering ber-AC seperti saya. Mata dan lensa kontak dijamin tidak begitu kering dan hanya membutuhkan sedikit eye moisturizer drops. Saat pelepasan lensa pun tidak terasa menyakitkan bagi kornea mata dan otot-otot sekitar mata terasa tidak terlalu tegang. Efek mata merah setelah penggunaan lensa jadi dapat dihindari.

Air Optix Aqua dan Opti-Free RepleniSH
Air Optix Aqua dan Opti-Free RepleniSH

Kalau sudah pakai lensa kontak, perlu juga donk kita memilih cairan pembersih lensa (solution) yang tepat? Alcon juga memperkenalkan Opti-Free RepleniSH, disinfecting solution multi guna yang dapat membantu membersihkan lensa dari debu, kotoran dan protein, melembabkan lensa, membuat meta tetap nyaman tanpa takut iritasi mata merah. Opti-Free RepleniSH cocok untuk lensa berbahan hydrogel silikon tanpa perlu menggosok permukaan lensa.

Pemasangan lensa ke teman-teman bloggers
Ternyata banyak juga teman-teman yang baru pertama kali pakai lensa kontak

Di acara gathering ini ternyata ada sebagian teman-teman yang baru pertama kali menggunakan lensa kontak, ada beberapa pengetahuan penggunaan lensa kontak juga diceritakan kepada peserta pada saat acara berlangsung, seperti:

  • Sebelum memutuskan membeli lensa kontak sebaiknya sudah mengetahui rencana pemakaian dan kebutuhan lensa kontak dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, jika digunakan hanya saat weekend (misal untuk menghadiri acara-acar tertentu), sebaiknya dapat memilih lensa kontak harian. Jika dalam seminggu diharuskan menggunakan lensa kontak lebih dari 4 kali sebaiknya dapat menggunakan lensa kontak bulanan.
  • Hal tersebut untuk mensiasati batas kadaluarsa penggunaan lensa kontak dan biaya pembelian lensa kontak.
  • Usahakan maksimal penggunakaan lensa kontak dalam sehari adalah 16 jam dan harus disertai dengan penggunaan eye moisturiser (obat tetes lensa kontak).
  • Usahakan sebelum tidur atau mandi bisa melepaskan lensa kontak terlebih dahulu untuk mencegah iritasi dan masukknya bakteri ke mata.
  • Kebersihan tangan harus dijaga ketika mengaplikasikan lensa kontak ke mata maupun melepaskannya.
  • Penggunaan lensa kontak yang melebihi batas kadaluarsa lensa kontak dapat mengakibatkan mata iritasi dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata. Misal penggunaan lensa kontak bulanan tapi dipakai pada hari ke-40.
  • Pada saat melepaskan lensa kontak sebaiknya tidak langsung cabut, tetapi dapat menggeser lensa ke kanan-kiri daerah putih mata sehingga tidak menyebabkan gangguan pada iris mata.

Tips tersebut sangat berguna bagi pemakai lensa kontak agar mata tetap sehat dan semakin indah seperti kamu. Benar-benar seperti temanya kan? Healthy eye, pretty I! 😀 Nah guys kalau kamu gimana, adakah pengalaman dalam menggunakan lensa kontak? Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *