Yuk Jalan Kaki!

Belakangan ini saya punya kebiasaan baru: mengurangi intensitas penggunaan kendaraan pribadi. Jarak tempat tinggal ke kantor sekarang lumayan dekat, sekitar 2 km dan bisa dijangkau hanya dengan sekali naik bus Kopaja P20 atau naik TransJakarta koridor 6. Tapi karena daerah tempat tinggal saya merupakan daerah macet Jakarta Selatan, jalan kaki ke kantor akan lebih masuk akal. Karena jalan kaki ke kantor cukup menyita waktu 20 menit saja, bandingkan dengan bus yang mempunyai ekstra waktu perjalanan mulai dari menunggu bus tiba, ngetem, dan terjebak macetnya.

Oke, setelah sekitar 3 bulan saya rutin jalan kaki ke kantor yang saya rasakan adalah senang dan dongkol. Senang karena saya bisa lebih segar bekerja dari biasanya, banyak yang dilihat dan berinteraksi dengan orang lain, dan menemukan tempat-tempat makan baru. Tapi merasa dongkol juga dengan kelakuan pengendara motor yang seenaknya tidak mau mengalah, tukang ojek yang ngetem memenuhi trotoar, sedih melihat trotoar yang tidak rapih setelah ada penggalian, geram melihat pohon atau pot bunga yang niatnya untuk penghijauan malah menutupi trotoar. Dan menemukan fakta baru bahwa tidak ada trotoar yang nyaman di Rasuna Said kecuali di Epicentrum.

Ingin rasanya ya memaki pengendara motor yang seenaknya berlomba-lomba di urutan terdepan lampu merah, menutupi zebracross sehingga menyulitkan pejalan kaki bergerak. Tapi bisa apa, toh pejalan kaki juga sedikit, polisi membiarkan, dan pengendara tetap cuek menutup zebracross.

Hmm..apa jadinya ya kalau 1 dari 15 pekerja di Sudirman-Thamrin-Gatsu-Rasuna ikut mengurangi pemakaian kendaraan pribadi dan lebih memperbanyak jalan kaki? Mungkin gak yah jalanan lebih lengang, udara lebih bersih, trotoar lebih lebar dan rapih, zebracross tidak ditutupi kendaraan?

Berharap sedikit boleh kan? Saya yakin apa yang saya lakukan (memperbanyak jalan kaki) akan mendatangkan hal-hal baik  untuk saya dan sekitar saya. Nah, untuk kamu yang ingin ikutan perbanyak jalan kaki ada sedikit tips nih:

  • Jalan santai saja, tidak usah terburu-buru karena makin terburu-buru makin banyak keringat yang mengucur.
  • Gunakan pakaian yang nyaman, bukan bahan tebal dan menyerap keringat. Saya bawa baju ganti
  • Gunakan sepatu yang nyaman untuk jalan kaki. Saya menggunakan sepatu semi formal dengan bagian tapak lentur, bukan pantofel
  • Dengarkan musik dengan volume tidak kencang untuk menemani jalan kaki
  • Siap-siap bakal musim hujan, sedialah payung/coat
  • Gunakan sport tracker seperti Endomodo untuk mencatat kecepatan dan jarak tempuh jalan kaki, ini bisa memotivasi lho
  • Kalau perlu gunakan masker untuk menghindarkan asap dan debu

Saya pernah membaca artikel (lupa di majalah apa), salah satu cara untuk menurunkan stress adalah memperpendek jarak tempat tinggal dan kantor, semakin pendek jaraknya semakin baik, semakin punya kesempatan juga untuk berjalan kaki ke kantor. Jadi, adakah yang suka ke kantor jalan kaki? Share donk tips lainnya :)

8 Comments


  1. // Reply

    Aq dirumah dgn waktu semaunya. Tapi tiap pagi n sore kalo cuaca terang wajib jalan2 bareng anak2. Sepanjang jalan selalu cerita atau sambil maen games misal tebak warna ato cari benda.kalo ke sekolah paud Faiz aq biasain jalan pagi dan terbukti pas sekolah konsentrasi full.Yuk Jalan Kaki!!


  2. // Reply

    Waktu kantor deket rumah, ke kantor naik sepeda (padahal kalo jalan kaki 15 menit). Kalo kantor sekarang gak mungkin jalan kaki. Kalo ngekos juga nanggung.


  3. // Reply

    Aku terlalu rajin jalan kaki. Udah gak bisa diukur lagi pakai app. Dan jalan itu selalu seru. Kecuali pas telat mau ke suatu tempat. Gak seru sama sekali.


  4. // Reply

    tipsnya bagus … tapi jarak dari rumh ke kantor saya sangat jauh..


  5. // Reply

    Diriku juga lagi pingin mulai olahraga teratur dan hidup sehat nih kak Alle.
    Secara perut sudah mulai kemana-mana. :((


  6. // Reply

    Aku ya pengen deh ke kantor jalan kaki. Tapi sayang jauh banget. Hahahah…


  7. // Reply

    Iya. Masalah utama jalan kaki ini adalah jarak. Makanya gak heran yah developer superblocks jual mahal banget apartemen yang menyatu dengan kantor & mall. Pfft..


  8. // Reply

    Jalan kaki adalah cara termudah untuk lebih sehat, saya juga suka jalan kaki pagi-pagi sekitar 2 Kiloan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *