Multitasking dan Premium Design Dalam Satu Genggaman

Lagi cari gadget yang bisa diandalkan untuk bekerja sekaligus tetap gaya? Sabtu lalu (29/9) kebetulan saya diundang untuk ikutan training session Samsung GALAXY Note 3 + Gear, mungkin bisa dijadikan referensi 😀

Akhir bulan ini Samsung memperkenalkan dan memasarkan seri Note terbaru yaitu Samsung GALAXY Note 3 bersama dengan jam pintar Samsung Gear di Ballroom Hotel Ritz Carlton Jakarta. Dalam acara tersebut juga diberikan training session untuk pembeli yang sudah memesan Samsung GALAXY Note 3 sebelumnya.

Kesan pertama setelah merasakan smartphone ini adalah lebih elegan dan powerful dibandingkan seri Note sebelumnya. Layar lebih lebar dengan ukuran 5.7 inci full HD Super AMOLED, dimensi lebih ramping (8,3 mm) dan desain hardware yang lebih ringan dengan berat 168g, serta baterai dengan daya tahan lebih lama (3.200 mAh). Cover belakang dilapisi kulit premium dengan aksen jahitan klasik, gak licin dan nyaman digenggam.

Untuk kamera, spek 13 megapixel dilengkapi dengan Smart Stabilization dan CRI LED flash, jadi memungkinkan untuk menangkap gambar lebih jernih bahkan dalam kondisi pencahayaan yang rendah dan dalam keadaan bergerak. Spesifikasi lengkap bisa dilihat di sini.

Jadi apa kelebihan lain dari smartphone bertunyukan ini? Istilah tunyukan/S-pen ini saya comot dari dosen saya yang suka menyebut tunyukan untuk stylus PDA-nya. Tentunya ada inovasi dari S-pen di Samsung GALAXY Note 3 yang dikalim dapat membuat hidup lebih mudah, cepat dan menyenangkan. Ketika  S-Pen ditekan Air Command akan aktif dan memberikan 5 fitur utama:

  • Action Memo memungkinkan kita bisa menulis tangan di Note, dan secara otomatis bisa di-convert ke format teks. Jadi bisa langsung save as contact, langsung bisa dial telpon, mencari alamat pada peta, melihat web, menyimpan aktivitas dalam daftar kerja, dan lainnya.
  • Scrapbook memungkinkan kita bisa menyusun dan menyusuri konten dan informasi dari berbagai sumber seperti Web, YouTube dan Gallery dalam satu tempat. Asik kan? Contoh mudahnya nih seperti kita membuat storify. Udah pernah coba kan? 😀
  • Screen Write yang bisa merekam dan menangkap gambar dalam secara full screen dari halaman yang sedang dibuka di gadget dan memungkinkan kita untuk menulis komentar atau informasi tambahan dalam gambar yang telah di-capture tersebut.
  • SFinder memungkinkan kita untuk menyusuri secara ekspansif berbagai konten dengan memasukkan kata kunci atau filter seperti tanggal, lokasi dan jenis konten. Kita juga bisa mencari dokumen, berbagai event, kontak, bahkan halaman Help – semuanya dalam satu lokasi.
  • Pen Window memungkinkan pengguna untuk menggunakan S Pen tidak saja untuk menggambar sketsa dan menulis catatan, tapi sekarang mereka juga bisa membuka aplikasi window untuk pengalaman multitasking yang sebenarnya. Cukup dengan menggambar jendela dalam berbagai ukuran, dimanapun di layar, pengguna dapat dengan mudah dan cepat membuka berbagai aplikasi Window seperti YouTube, kalkulator atau Browser tanpa menghentikan apa yang sedang tampak di layar.

Selain fitur-fitur dari Air Command tadi, masih ada lagi nih fitur lain Samsung GALAXY Note 3 yang dapat mendukung pekerjaan kita. Ada Easy Chart yang membantu membuat dan menampilkan chart hanya dengan coretan kita di layar Note. Easy Chart juga mampu membuat chart yang sumbernya dari halaman web atau dokumen lain, serta mampu mensinkronasikan dengan akun Evernote.

Samsung GALAXY Note 3 menghadirkan kapabilitas multitasking yang telah ditingkatkan, jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, yang memungkinkan kita bekerja lebih optimal dengan layar yang lebih lebar:

  • Multi Window memungkinkan kita berganti aplikasi tanpa harus menutup atau membuka window atau halaman baru, sehingga produktivitas dan kolaborasi antar program dapat lebih ditingkatkan. Kita bisa juga menjalankan satu aplikasi dalam dua window atau pada saat bersamaan. Contohnya nih, lagi asik nonton videoclip di youtube bisa sambil googling liriknya di Chrome
  • Selain itu, kita bisa menggunakan mode Drag and Drop dalam multi window yang baru. Ada yang kelihatan oke saat browsing di online shop, bisa langsung share gambarnya ke Chat On.

Duh seru banget ya? Kebayang kan bisa ngapa-ngapain aja dengan satu gadget yang tampil mewah ini? Mau nge-game bisa banget. Mau bikin sketch bisa banget, apalagi ada SPen. Foto dan video? Hasilnya pasti bagus banget. Kerjaan kantoran? Inget-inget aja fitur di atas, ngebantu banget!

Oh ya, di Samsung GALAXY Note 3 ini juga sudah tersedia S Health. Apps yang awalnya diperkenlkan di Samsung GALAXY S4 ini bisa menghitung dan mencatat kegiatan olahraga maupun program diet kita secara terperinci. Apa yang kita konsumsi dan berapa besar kalori yang sudah terbakar dalam sehari. Wuiih seru banget.

Untuk saya, inilah gadget yang tepat yang mendukung pekerjaan dan memberikan hiburan. Kalau kamu gimana? Masih bingung? Nonton dulu deh videonya 😀

5 Comments


  1. // Reply

    Seneng bisa nyobain langsung phablet keren nan elegan ini. Begitu pegang S-Pen-nya langsung tahu oo ini yang tidak dimiliki smartphone atau phablet lainnya. *langsung liat harga* :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *