Kerja Bikin Gemuk?

“Hadeuh gue sejak masuk di project ini berat badan gue naek 7 kilo bok! Gue pengen kurus deh”
“Gue juga, sekarang celana gue ukurannya 32. Sedih. Padahal kan umur gue cuma setengahnya”
“You wish! Umur lo kan 27. Eh yang bikin gue gemuk apaan ya? Kayaknya gue makan juga porsinya biasa-biasa aja”
“Iya, porsi makan lo biasa. Tapi cemilan lo banyak”

Saya yang curi dengar percakapan dua temen wanita kantor ini ikut mesam-mesem. Kalau dipikir-pikir ada benarnya juga nih. Project yang dikerjakan oleh kami mengharuskan lebih banyak diam di kursi kerja, menatap laptop dan jarang untuk menggerakkan tubuh. Belum lagi asupan camilan yang sepertinya tidak habis-habis, maklum di sebelah kantor ada taman kuliner yang jajanannya enak semua. Hasilnya, perubahan berat badan kami cukup besar. Yang pria mulai terlihat gelambir di bagian perut dan pipi. Yang wanita mulai terlihat pelebaran sekitar pinggul. “Kerja di sini emang bikin gemuk!” Begitu kesimpulan sepihak teman kerja saya yang lain.


Ngomongin soal berat berat badan sepertinya agak sensitif juga ya bagi sebagian orang. Tapi perlu kita tau berapa berat badan kita sebenarnya. Ada sebagian orang yang merasa sudah gemuk ternyata masih tergolong ideal. Ada juga yang merasa langsing padahal sudah termasuk overweight.
Bagaimana bisa menentukan tubuhmu ideal atau tidak? Salah satu metodenya dengan menggunakan pengukuran BMI (Body Mass Index), yaitu dengan membandingkan berat badan dan tinggi badan. Hasil dari pengukuran tersebut mengelompokkan kita ke tubuh ideal, overweight, underweight, atau malah obesitas. Agak mengerikan jika kita termasuk obesitas, karena dapat meningkatkan resiko penyakit mematikan seperti gagal jantung, stroke, dan hipertensi.

Ada aplikasi menarik nih untuk pengukuran BMI. Kamu tinggal memasukkan berat badan dan tinggi badan, lalu keluar hasilnya apakah kamu termasuk yang ideal, overweigh atau underweight. Bukan pekerjaan yang perlu disalahkan karena telah membuat tubuhmu melar, tapi gaya hidup yang telah kamu jalani. Pembatasan asupan kalori dan peningkatan aktivitas fisik bisa membantu dalam mengatur berat badan lho. So setelah pengukuran BMI, Celebrity Fitness kasih gratis fitness 7 hari di semua cabang. Yay! Bisa dicoba nih, itung-itung BMI berhadiah latihan bareng selebriti.

Alhamdulillah hasil BMI saya menyatakan masih normal 😀

5 Comments


  1. // Reply

    SIAAALL!
    teteup ngunyah donat + martabak 😛


  2. // Reply

    bahahhakkss. sebelum kerja berat badanku 54, sekarang setelah 3 tahun kerja beratku melesat di 68.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *