Tips Untuk Pengguna Lensa Kontak

,

Banyak yang gak nyangka kalau mata saya sudah rusak (minus). Keseharian saya lepas kacamata dan menggunakan lensa kontak clear (tanpa warna, bukan lensa kontak warna seperti matanya bule). Sudah hampir 8 tahun saya mengenal lensa kontak. Perkenalan saya dengan benda ajaib ini bermula ketika saya mengikuti beberapa kelas olahraga. Saat itu mata saya sudah -2.5 kanan-kiri sama ukurannya.ย Kelas aikido terasa amat merepotkan ketika melepas kacamata agar tidak jatuh saat berguling atau terbanting kemudian memasang kacamata lagi agar terlihat jelas saat sensei memberikan pelajaran. Belakangan ini hampir setiap hari saya menggunakannya, kecuali weekend. Tentu ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar kesehatan mata selalu terjaga.

Pilih lensa kontak yang kandungan airnya 50-60 persen, agar lebih nyaman di mata karena teksturnya tidak terlalu keras (terasa seperti jelly) dan tetap dapat memberi asupan oksigen ke mata. Pilih juga lensa kontak yang diameternya tidak terlalu jauh dengan ukuran bola mata. Lensa kontak ada yang bersifat harian, bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan atau setahun. Tulis tanggal pertama kali pakai di kotak kemasan biar tahu masa berakhirnya. Walaupun masih terasa nyaman di mata, tapi kalau sudah melewati masa kadaluarsa sebaiknya segera ganti.

Cuci tangan dengan sabun lalu keringkan tangan sebelum memasang atau melepaskan lensa kontak. Hal ini wajib agar terhindar dari kuman yang menempel di tangan. Usahakan kalau makan pecel lele, ayam taliwang atau makanan yang pedas-pedas pake sendok aja, karena pedesnya cabe bisa nempel seharian di tangan. Kalau pegang lensa kontak, walaupun sudah cuci tangan sampai bersih, mata tetap terasa pedas. *pengalaman* ๐Ÿ˜€

Memakai atau melepaskan lensa kontak ada beberapa teknik dan tersedia di youtube, gunakan yang paling nyaman, gak ada ketentuan benar atau salah. Untuk yang pertama kali pakai, biasanya optician akan memberikan tutorial dengan amat sabar jadi bisa belajar pakai-lepas lensa kontak dengan pelan-pelan. Jika terasa tidak nyaman di mata langsung lepaskan lensa kontak. Kemungkinan karena posisinya terbalik atau tidak tepat di mata. Bilas lensa kontak dengan cairan pembersih, cukup 3 tetes saja, untuk menjaga kebersihan lensa kontak. Yah siapa tau saat memasang dan merasa tidak pas di mata karena terganjal bulu mata atau kotoran mata. Kalau sudah oke dipasang, coba kedipin mata untuk meyakinkan sekali lagi ๐Ÿ˜›

Beri 2-3 tetes cairan pelembab lensa kontak ke mata, terutama yang seharian berada di ruangan AC atau di tempat terik, untuk menghindari mata kering. Cairan pelembab ini juga akan menyapu kotoran dan protein yang mengering di mata sehigga memudahkan untuk membersihkannya. Harga cairan pelembab lensa kontak murah koq cuma 10-30rb, bisa dipakai (kadaluarsa) selama 3 bulan.

Kalau naik motor, usahakan menggunakan kacamata atau menutup kaca helm agar terhindar debu dan kotoran menempel di lensa kontak. Usahakan juga saat berenang atau mandi sudah melepas lensa kontak karena air mengandung parasit yang dapat dengan cepat menempel di lensa kontak. Kalau saya tetap berenang pakai lensa kontak tapi selalu menggunakan kecamata renang.

Jangan pernah mengucek mata saat memakai lensa kontak. Bayangin nih misalnya ada banyak partikel yang nempel di bagian depan lensa kontak, kucek mata bisa merobek lensa kontak. Yang lebih mengerikan saat mengucek mata, lensa kontak malah tertelan kelopak mata. Belum kebayang? Coba deh googling.ย Teman saya malah pernah mengalaminya, nah lho! *nakutin*

Lepas lensa kontak setelah beraktivitas seharian. Kalau tidur jangan pake lensa kontak, bisa menimbun protein di mata. Bilas lensa kontak dengan cairankhusus pembersih lensa kontak. Usahakan saat membilas, gosok perlahan lensa kontak dengan jari (jangan kuku) cukup 10 kali saja.ย Simpan lensa kontak di wadah steril.

Buang cairan pembersih lensa kontak jika sudah lewat masa kadaluarsa. Bersihkan juga wadah lensa kontak dengan merendamnya di air hangat setidaknya seminggu sekali.

Terasa ribet dan mahal? Tidak juga jika dibandingkan dengan manfaatnya bisa lebih bebas beraktivitas. Tapi yang perlu ditekankan adalah disiplin dan jangan lupa untuk selalu memeriksakan mata ke dokter mata minimal sekali setahun. Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜‰

 

*img: gettyimage.com*

19 Comments


  1. // Reply

    Waaah makasih tips-nya Le! Saya mungkin yang termasuk males bersihin kotak. ๐Ÿ˜†


    1. // Reply

      Periksa mata ke dokter tuh yang paling males (-____-)


  2. // Reply

    Mas Alle…..
    Aku pengin pake softlens… tapi tuh slalu takut… karena efek2 yg seperti mas alle bilang mata robek lah dan ini itu lainnya…
    Ajarin dong pakenya… Aku serem… >.<
    BAru tau ada yg 1 taun brati bisa aku bawa ke jepang dong ya dan 1 taun skali kalo pulang baru ganti…


    1. // Reply

      Yang robek bukan matanya, tapi lensa kontaknya (lol)
      Gak perlu takut donk, asal kamu disiplin dan gak jorok aja sih, pasti aman. Orang Jepang kan pada disiplin & gak jorok ya ๐Ÿ˜›


  3. // Reply

    Benar sih pakai kacamata itu ribet, tapi aku suka merasa ada sesuatu di mata kalau pakai lensa kotak, nggak nyaman.
    Baca tipsnya Alle, jadi pengen nyobain lagi pakai kontaklens.


    1. // Reply

      Lensa kontak sekarang teksturnya seperti jelly. Pilih yg kadar airnya banyak jadi gak begitu kerasa mengganjal mata. Yuk Mbak cobain ๐Ÿ˜‰


  4. // Reply

    waini yang nambahin postingan di gubukku kemarin ya, Le?
    keren-keren, semoga pengguna lensa kontak makin paham
    hehehe


  5. // Reply

    Aku juga pakai kontak lens + kacamata renang kalau nyebur ke kolam renang, biar bisa lihat yang lagi berjemur di pinggir kolam #eh


    1. // Reply

      modus! hahaha..
      etapi aku juga kadang gini sih. lhaaa..


  6. // Reply

    aku adalah pengguna lensa kontak musiman.
    gak sanggup lama-lama, gak rajin

    *balik ke kacamata


    1. // Reply

      aku lagi cari kacamata juga sih. cari yang murmer di ITC ah!


    2. // Reply

      Mas, Apa hanya melayani parusahean? Kalau buat rumah di bekasi bisa tidak?Kunci Lemari saya hilang. Sedangkan di dalamnya ada barang2 berharga. kalau mau saya jebol, sayang juga . Mohon masukannya


  7. // Reply

    aku kan pakai lensanya kadang2,
    masih pakai kacamata juga siih…

    itu lensanya harus dibersihin tiap hari juga ya mas walaupun lagi gk dipake?? ๐Ÿ˜€


    1. // Reply

      Kalau lagi gak dipake, at least seminggu sekali diganti yah air rendaman soft lense-nya ๐Ÿ˜‰


  8. // Reply

    wua uda pengalaman yah mass alle hahah :DD
    oia mau tnya .
    soflens ku uda 1 bulan koyak , tapi kecil bngat koyak nya .
    aku pke terusss .
    sekali pke ga pernah sakit , kadang ga nyaman gitu aku baru lepas :DD
    tu kenapa yahh? kebnyakan orang blg kalo soflen koyak kecil kalo di pke sakit kan .
    tapi aku pke gak sakitt -___-


    1. // Reply

      waaa.. kalau rusak (koyak) walaupun kecil mending ganti deh dengan yang baru. bahaya lho ๐Ÿ˜€


  9. // Reply

    Sore Mas,

    Mas saya pengen banget tanya, kalau kita beli soflens itu kan dikemas dan direndam dengan cairan tertentu, apa boleh langsung dipakai? cara ngeluarin soflensnya gimana? harus dicuci dulukah? apa soflens yang mau dipakai harus kering dulu?
    Sorry ya nanyanya banyak, mohon banget jawabannya, soalnya saya ga pernah pake soflens, ada temen yg ngasih hehe


    1. // Reply

      Soflens yang dijual memang dikemas pakai cairan khusus, boleh langsung pakai. Cara ngeluarinnya tinggal buka aja plastik penutupnya trus angkat pake jari softlensnya.
      Tapi aku sih lebih suka bilas lagi dengan cairan pembersih soflens yng biasa dipake sehari-hari


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *