Ramayana Ballet Prambanan

,

Sudah lama pengen nonton sendratari ini, tapi baru semalam kesampaian. Tarian yang menceritakan kisah percintaan Rama dan Shinta sesuai dengan kitab Hindu ini dilakukan di panggung terbuka yang megah dengan latar Candi Prambanan. Permainan lampu sorot dan iringan gamelan yang mantap membuat saya betah duduk selama 3 jam. Semalam kebetulan cuaca lumayan cerah, bulan yang hampir bulat utuh makin membuat suasana semakin indah.

Cerita dimulai dengan sayembara dari Prabu Janaka untuk mencari pendamping bagi putrinya Dewi Shinta. Sayembara dimenangkan oleh Rama Putra Mahkota Kerajaan Ayodya. Rupanya kisah cinta Rama-Shinta tidak demikian mulus, ada pihak lain yang menginginkan Shinta yaitu Rahwana. Terjadilah penculikan Shinta yang bergulir pada peperangan.

Kenapa saya tau ceritanya? Karena saya baca panduan jalan cerita ramayana selama pertunjukan berlangsung πŸ˜€ Kebetulan juga teman sebelah bangku saya adalah Funkshit yang hapal luar kepala kisah Ramayana. Saya beruntung, kalau gak ngerti bisa tanya-tanya. Sedangkan di seberang bangku saya, kebanyakan siswa SMP luar kota, sudah membosan pada menit ke 45. Melongo gak ngerti apa yang dilihat karena sendratari ini tanpa narasi. Keseringan malah kedapatan mereka lagi nguap.Β Agak terganggu juga dari suara cekikikan kencang sekitar bangku ketika ada penari yang salah gerak atau salah tingkah.

Antusias menonton justru dari kalangan wisatawan mancanegara. Mengambil kursi kelas VIP yang terletak pas di depan panggung. Duduk tenang, gak bawel. Baca panduan cerita. Dan sopan ketika mengambil foto (tidak menggunakan lampu kilat kamera).

Yang di tengah itu teman saya lho! :D

Oh ya semalam teman saya ikutan nari jadi Dewi Kayangan lho. Keren deh, sampe pangling :mrgreen:

Info lanjut & sumber foto dari borobudurpark

by

21 Comments


  1. // Reply

    sendratari ramayana selalu keren, tapi aku belum pernah nonton :(


    1. // Reply

      untuk bulan ini pertunjukannya tinggal minggu depan. trus baru ada lagi bulan mei πŸ˜€


  2. // Reply

    pasti seru banget berada di lokasi … pengeeeeen …
    tapi jauh banget ke sananya …

    Semoga persahabatan kita tiada lekang oleh waktu dan tiada terbatas oleh ruang


  3. // Reply

    kpn y bisa nonton sendratari disana. terakhir sy nonton sendratari beberapa bulan yg lalu di TMII.

    tks berbagi cerita Rama dan Shintanya. kebetulan baru tahu skrg kisahnya.hehehe

    salam.


  4. // Reply

    terakhir kemari di bulan Juli, itu juga krn dibayari kantor, enaknya dapet tempat duduk VVIP, bebas ngambil foto, πŸ˜€


  5. // Reply

    oalah mas alle ama mas funkshit itu masih smp to ? eh.. *kabur aahhh*


  6. // Reply

    dulu aku sering nonton berkat jadi guide abal abal, musik jawa paling bikin aku ngantuk =))


  7. // Reply

    Iya,
    Yang suka nonton sendratari Ramayana justru orang – orang mancanegara.
    Aq yang orang Jogja aja mala blom pernah nonton. Hoooadddoooh…
    Mw nonton pasti g kelar2 sih. :(


  8. // Reply

    dan temenmu yg ditengah itu,
    yg barusan jadi manten itu kan, le ?
    πŸ˜€


  9. // Reply

    rung tau nonton. harga tikete larang ora, mas? nek larang prei kenceng. maklum, kantong mhsswa kere…


  10. // Reply

    kalau liat tari-tarian Jawa gini jadi inget & kangen bikin koreografi buat tari/sendratari.. :(
    *curhatan seorang veteran*
    *halah*

    :))


  11. // Reply

    waaah.. tiketnya berapa duit ya?


  12. // Reply

    Memang butuh panduan untuk bisa tahu cerita Sendratari Ramayana. Tapi, kalau cuma mengandalkan cerita di selembar kertas itu ya tidak cukup. Akan lebih nikmat tahu dari baca bukunya, sudah kubuktikan :)
    Kirain foto-fotonya motret sendiri, bagus sih, hehe.
    Soalnya susah mampus saya pernah memotretnya, apalagi dengan peralatan yang seadanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *