Mini Pesta Blogger

,

Sepertinya saya baru saja merebahkan tubuh ini di kasur yang hangat setelah sampai tengah malam yang lumayan dingin ikut acara Juminten CahAndong. Telepon genggam sudah berdering-dering sejak semenit sebelumnya. Saya melirik jam dekat tempat tidur, pukul 04:02 dan panggilan dari Choro terus saja memaksa saya untuk sadar dari mimpi. Jempol saya malas-malasan menekan tombol hijau. Dan suara riwil diseberang telpon akhirnya terbenam setelah saya yakinkan Choro 30 menit lagi saya akan benar-benar bangun dari tidur. Bangun pagi hari Sabtu, hal yang amat malas untuk dituruti.

Tapi kalau saya malas-malasan hari itu (07/08/10) bakal ketinggalan atau mungkin tidak dapat mengikuti acara seru di Semarang. Acara yang saya belum yakin agendanya apa saja, tapi sudah kebayang seru bisa kumpul bersama blogger-blogger berbagai daerah. Yang saya tahu adalah rangkaian acara Pesta Blogger 2010 dengan sponsor utama XL.

Tepat jam 5 lewat 10 Kijang Innova mengangkut saya dari mulut gang rumah. Bersama Momon, Choro, Ekowanz dan Anno dari CahAndong, menuju Hotel Gumaya Semarang dari Jogja. Sebenarnya CahAndong diberikan angkutan gratis oleh XL pada hari sebelumnya, tetapi karena terbatasnya kapasitas angkut kami memutuskan untuk berangkat sendiri, biaya sendiri, dan nyamar jadi Semarangan (sebenarnya saya juga anggota Loenpia).

Sebelumnya kami singgah untuk sarapan di Eva Coffee House, Ambarawa, cukup terkenal bagi yang sering hilir mudik Jogja-Semarang. Banyak yang puas dengan kekhasan kopi eva ini, tapi bagi saya cukup sekali saja untuk sarapan di sana. Selain mahal, pelayanan buruk dan rasa biasa saja jadi alasan utama saya untuk kapok.

Sampai di Semarang ternyata kepagian. Di luar ballroom Gumaya Hotel sudah ramai kumpul blogger-blogger dan pekerja media dengan seragam XLnetRally dari XL. Saya sendiri mengenakan kaos putih, agak berbeda dengan seragam yang disarankan Loenpia, batik.

Baru datang sudah dipersilakan sarapan, sungguh senang tentunya. Apalagi menu yang disajikan enak-enak, obat penawar kecewa setelah sarapan di Eva Coffee House. Sekitar jam 9:30 acara dimulai. Melihat panggung dan presentasi dari XL, barulah saya mengerti acara sesungguhnya. Acara bertajuk XL Network Rally: Ajang Silaturahmi XL dan Bloggers merupakan ajang uji coba kesiapan sinyal XL di BTS-BTS yang (umumnya) dilalui jalur mudik dengan memboyong blogger-blogger dari Lampung, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Jogja dan Solo sebagai corong  komunikasinya.

Selain presentasi, XL juga mempersilakan rekan media dan blogger untuk tanya jawab secara langsung kepada PR XL terkait uji coba dan pengalaman menggunakan layanan XL. Saya sendiri mencoba jaringan nirkabel yang disediakan cuma-cuma di dalam ruangan dan merasa puas dengan tes kecepatan tertinggi mencapai 1.2 Mbps (walaupun makin siang makin redup).

Entah hanya perasaan saya saja atau mungkin banyak peserta, acara awal amat membosankan dijejali pesan sponsor dan tidak ada gaung Pesta Blogger sama sekali. Tak ada logo PB dimana-mana, tak ada souvenir PB juga. barulah setelah presentasi dari XL, acara sepenuhnya diserahkan ke blogger. Danindra yang ditunjuk sebagai pembawa acara mempersilakan Munif untuk presentasi mengenai proyek halaman Facebook ‘Semarangku’ buatannya. Dilanjutkan sesi presentasi pengenalan komunitas dari Anging Mammiri (Makassar); Loenpia, SamTUG, Dot’S, Sahabat Mata, Visit Semarang, Doscom, Internet Club, Nasi Kucing, Undip, RoTIFreSh (Semarang); Seruit (Lampung); Kopdar Jakarta (Jakarta), BBV (Bandung), Tugu Pahlawan (Surabaya), Cah Andong, JogTUG (Jogja), Blogger Ngalam (Malang), deBlogger (Depok), dan Komunitas blogger Sragen.

Presentasi begitu singkat, hanya sekadar mengenalkan apa-siapa komunitas yang sedang dibicarakan. Mungkin karena terbatasnya waktu, tapi bagi saya sesi presentasi demikian hanya basa-basi saja karena kebanyakan sudah tahu sama tahu dan yang dipresentasikan tidak mendalam.

Tetapi ada yang menarik perhatian saya dari presentasi kali itu, Komunitas Sahabat Mata. Saya tahu komunitas yang diperuntukkan bagi penyandang tuna netra ini dari tulisan RotiFreSh. Kebetulan saya tidak hadir pada acara RoTIFreSh edisi kedua, jadi cuma bisa membaca laporannya saja. Komunitas ini memiliki tujuan utama untuk melatih hidup mandiri dan berguna, tidak bergantung kepada orang lain. Sungguh mulia cita-cita Pak Basuki, membuat saya tertegun sejenak bagaimana sulitnya hidup dalam kegelapan.

Diantara presentasi komunitas juga ada sesi berbagi dari Om Wicak dan Mbak Rara. Om Wicak menekankan ngeblog apa adanya, tak usah dipaksa. Sedangkan Mbak Rara memberikan sedikit penjelasan mengenai Pesta Blogger 2010. Penjelasan yang (maaf) sedikit muter dan dibiarkan tetap mengambang dan terkesan menutupi. Sampai akhir acara saya masih bertanya-tanya bagaimana konsep Pesta Blogger 2010, kapan acara pastinya, apakah kota saya kecipratan acara juga, dan lain-lain. Tapi semoga memang acara sedang dipersiapkan dengan matang dan blogger ditahan untuk tahu duluan biar ada sedikit kejutan.

Sekitar pukul 13:00 acara ditutup dan dilanjutkan makan siang, tentunya dengan menu yang lebih enak-enak lagi. Setelah itu peserta luar kota Semarang diajak melihat-lihat Lawang Sewu. Saya pun ikut, karena baru kali itu menginjakkan kaki di bangunan tua dengan pintu dan jendela yang tak terhitung (malas dihitung) karena jumlahnya yang amat banyak.

Sekitar pukul 16:00 saya dan teman-teman CahAndong pamit untuk pulang ke Jogja. Puas rasanya Sabtu itu menikmati perjalanan yang menyenangkan, makan makanan yang enak, tegur sapa secara langsung dengan teman-teman blogger dan bisa foto-foto. Sama seperti saya menghadiri Pesta Blogger tahun lalu, jadi saya bisa sebut acara XL Net Rally kemarin Sabtu adalah mini pesta blogger. Bukankah pesta adalah acara yang ada makan-makan, jalan-jalan, dan senang-senang? tapi memang skalanya (orang yang datang) lebih kecil (mini).

Terima kasih didut yang sudah mengundang saya dan teman-teman CA untuk datang ke Semarang :)

*Foto dari FB Anno

by

18 Comments


  1. // Reply

    @wenny
    maacih maacih *smooch*

    @momon
    kamu seharusnya menelannya kemariinnn!!!!


    1. // Reply

      yuk!
      setelah acaranya aidil akbar donk hehe.. gimana, jadi bantuin bikin? 😛


  2. // Reply

    halooo mas alle
    saya kira pertama kali nama alle itu cewe lo, kepanjangan dari aralle
    salam kenal, kayanya kemarin belum kenalan, jadi sekarang kenalan lagi


  3. // Reply

    sejauh ini, untuk lawang sewu saya hanya melihat gedungnya saja
    hiks


  4. // Reply

    coba Le kamu bertapa di Lawang Sewu.
    Kali aja bisa masuk ke mimpi cewek yang digebet (baca: Wen*y)


  5. // Reply

    wah acara xl ini ya 😀 emang seru 😀 klo ada lagi mau dong btw terima kasih sudah memberikan kepada TPC



  6. // Reply

    sukses terus untuk cah andingnya le. ni g khakharotho al-kautsar.
    nih kalocah andong ngadain kegiatan di jakarta bisa nginep disini
    aamguesthouse Hotel Murah Tebet. AAM Fasilitas: Lengkap AC, Kamar Mandi Dalam, Internet, TV. No PSK, No WTS. Harga: Rp 122.000 per hari. Jl. Asem Baris Raya no.104. Tebet – Jakarta Selatan. Hubungi AAMkos ini untuk booking di: 021 – 83793803.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *