Maaf, Saya Lebih Jeli!

,

Cuma berbagi pengalaman, semoga teman-teman lebih waspada (jeli dan kritis) ya 😀

Belakangan ini saya suka ngemil malam-malam, jadi kalau stok cemilan habis yah saya keluar rumah menuju minimarket 24 jam seperti Indomaret atau Alfamart. Kadang ke CircleK juga sih kalau sedang ingin berkendara lebih jauh, tapi lebih banyak ke kedua minimarket itu.

Tidak banyak barang yang saya beli, cuma cemilan biasanya maksimal 4 items. Kemarin malam kebetulan cuma membeli Susu Bear brand. Sampai di kasir:

kasir : selamat malam mas. cuma ini saja?
saya : iya
kasir : (scan barcode kaleng susu) enam ribu mas!
saya : bukannya 5800 ya? (karena saya ingat betul label harga di rak)
kasir : bukan mas, 6 ribu.
saya : (sedikit kesal, mengeluarkan duit pas 6rb, dan menunggu struk) struknya mana?
kasir : (baru mau mencetak struk setelah saya tanya) sebentar mas
saya : (melihat struk yang baru dikasih) ini harganya 5800 mas! jangan bohong!
kasir : maaf mas (menunduk malu)

Sebenarnya saya tidak masalah kalau membayar 6000, tapi merasa sakit hati kalau ditipu apalagi kejadian malam itu sudah keempat kalinya saya alami di Alfamart maupun Indomaret 24 jam di Jogja, sebelumnya saya biarkan saja. Mungkin karena di kedua minimarket itu tidak ada ketentuan dari management-nya untuk mengharuskan kasir mencetak struk. Apalagi kalau belanja tengah malam, kasir kadang melihat kelengahan pembeli yang kelihatan ngantuk (seperti mata sayu saya :P) atau yang terlihat buru-buru.

Untuk mencegah terulang lagi sebaiknya perkirakan dulu total pembelian sebelum ke meja kasir, lebih cermat mana barang yang didiskon dan mana barang yang sedang promo (dapat hadiah atau buy 1 get 1 free), lalu minta kasir untuk mencetak struk.

*image from http://i.dailymail.co.uk

20 Comments


  1. // Reply

    Ya…hidupini memang harus jeli. Bila tidak…………………..? akan banyak peluang hilangnya hak-hak kita ‘ditilep’ orang yang tidak berhak. Tetapi tentunya berlaku jeli harus juga seimbang,…bahwa diantara hak-hak kita itu ternyata ada juga hak orang lain di sana. Terkadang kita menjadi tidak jeli terhadap yang seperti ini, enta karena tidak sadar atau karena memang ‘tidak mau jeli’. Sering terjadi kita merasa sungkan untuk memberi sekedar Rp200 atau Rp500,kepada orang yang secara sengaja meminta. Mungkin ini juga kita tidak jeli.

    Salut buat saudaraku yang ternyata telah merasa “Lebih Jeli”, semoga kelebihan ini mencakup juga kejelian untuk memberi.

    Da…salam kenal ya.
    Tambah dikit…..Hati-hati terlalu sering ngemil malam, konon kabarnya kurang baik buat kesehatan…benar lho…ini pengalaman pribadi.


  2. // Reply

    5800 dengan parkir 1000, tapi masih berimbang! Mosok cuma di parkiran meh ambil potokopi, potokopi 200 parkir nya 1000 … hohoho


  3. // Reply

    ndak dilaporin aja ke manajernya, gitu? kalo dibiarin, berapa orang yang ketipu sama kasir2 macem gitu?


  4. // Reply

    ga bisa bayangin wajah jutekmu, le 😐

    kl aku kejadiannya, antara harga rak dan harga kasir, beda. menyebalkan. mending belanja di warung kelontong.


    1. // Reply

      wajahku tampan med, gak jutek!
      *lempar mahkota jutek ke Linces*


  5. // Reply

    kalo lima ribu enam ratus tujuh puluh lima rupiah juga masih mo ditagih susukke Mas?


    1. // Reply

      AHA!! ide yang bagus Joe, ntar kalau terulang lagi kaploki raine kasir gak cuma pelototin 😀


  6. // Reply

    gendut tar kau gan ngemil tengah malem.hihihihi,kaya sayah.hehehehe.tpi kalau udh kebiasaan susah jg ilangin ngemil tengh malem.hahha.pengalaman ne.salam


  7. // Reply

    Walo cuma slsh sdkt lw dbiarin jd kterusan n menjadikan tidak disiplin,


  8. // Reply

    Gitu donk, itu baru namanya konsumen cerdas. Oh iya mas, kejadiaannya dimana indo atau alfa? pilih salah satu donk, kan kasian tuh klo image yang satunya juga kena, padahal kejadiannya kan ga disitu.


  9. // Reply

    Hey.. saya kalau tengah malam lapar juga minum susu, biasanya nyetok beberapa buah di kulkas :)


  10. // Reply

    iya bener..alfamar* indomar* dans ejenisnya kalau saya perhatikan memang jarang memberikan struk ..ckck


  11. // Reply

    Jarang sekali orang yang sejeli anda. Kebanyakan kita nurut aja apa kata kasir. Salut….


  12. // Reply

    . tulisan nya menambah kan sedikit ilmu

    . thanks udah mau berbagi infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *