Adam

Sungguh sedih rasanya bila satu-satunya orang di keluarga kita meninggal dunia. Adam Raki baru saja mengalaminya. Hari-hari dimana ia biasa dimanjakan kenyamanan dan dimotivasi oleh ayahnya tidak akan terulang lagi. Dua kali lipat kesedihat mungkin harus dihadapi Adam, karena ia memiliki sifat autis Asperger Syndrome yang membuatnya sulit untuk bergaul.

Meskipun Adam mempunyai teman kulit hitam bernama Harlan, tidak sepenuhnya Adam terhibur. Masih terasa sepi di hatinya.  Untunglah dia mendapat tetangga baru di apartemen, Beth Buchwald. Guru TK ini berhasil membuat Adam membuka diri dan belajar bagaimana bergaul. Awalnya memang sulit bagi Beth membiasakan diri berteman dengan orang autis. Tetapi semakin lama ia menjalaninya semakin besar jatuh cintanya kepada Adam. Begitu juga dengan Adam, awalnya sulit membiasakan diri bertemu dengan orang-orang baru, mengungkapkan isi hati dan juga berhubungan sex. “I’m not a Forrest Gump!” kata Adam membuat kita berfikir besar usahanya untuk membiasakan diri dan menyenangkan hati Beth, walaupun pada akhirnya ia mengakui cuma guyon.

Film kesedihan ini bisa berubah menjadi drama komedi berkat akting Hugh Dancy (Confession of Shophaholic) yang menyakinkan keluguan sekaligus kejeniusnnya sebagai insinyur yang mengidap autis.  Dialog yang ilmiah juga sering terdengar. Masalah psikologi, kecerdasan buatan sampai astronomi.

Sudah sepantasnya Max Mayer sebagai sutradara mendapatkan penghargaan Alfred P Sloan (penghargaan film dengan tema IPTEK atau tokoh utama ilmuan, insinyur atau matematikawan) di Sundance Film Festival 2009.

10 Comments


  1. // Reply

    wah… film keluaran taun lalu ya Le? kayaknya bagus… nyari DVDnya ah


  2. // Reply

    loh, saya difilmkan ya? hahahaha…


  3. // Reply

    Bagus nggak yach filmnya? masih belum mengena nich, feelnya kurang dapet ke ane. hehe.


  4. // Reply

    liat tanggal postingan […] 24 Februari 2010 […]

    hahhahhaa.posting tiap 4 bulan ya le..???


  5. // Reply

    makasih rekomendasinya… aku mau cari donlotannya

    *ditampar* 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *