Pempek Kota Gudeg

Agak sulit juga menemukan pempek palembang yang benar-benar “palembang” di kota gudeg ini. Ulasan warung pempek berikut mungkin dapat membantu Anda dalam memutuskan pilihan mencoba pempek palembang dengan rasa jogja.

#1 Pempek Mang Pari 19 Ilir [★★★★★]
Lokasinya di Jalan kaliurang KM 5 bersebelahan dengan toko DVD Studio One. Merupakan cabang dari warung yang ada di Taman Siswa. Menu lumayan lengkap jajanan palembang: pempek kapal selam, lenjer, kulit, model, tekwan, krupuk, srikaya, es kacang merah dll

Pempek kapal selam dengan harga 8rb yang saya cicipi tidak begitu banyak komplain karena saya yakin kadar sagu/tepung berbading sangat amat  terbalik dengan ikan gilingnya namun masih bisa ditutupi dengan rasa telur di dalamnya. Tambahan pempek cuma ada potongan timun, tidak ada ebi giling. Soal cuko, seperti warung pempek kebanyakan di Jogja, terdapat dua cuko: manis dan pedas. Yah, Anda yang dari sumatera pasti geli membaca ini tapi demikianlah yang terjadi di Jogja. Cuko manis terasa amat asam bagi lidah saya sedangkan cuko pedasnya lebih terasa dominan gula merah daripada cabe giling. Tak ada cuko pedas di warung ini.

Tekwan adalah makana ketiga yang saya cicipi setelah agar-agar srikaya dan coklat di warung ini. Harga tekwan 8500. Isi tidak lengkap, tidak ada bunga sedap malam, irisan bengkoang dan jamur. Rasa kuah lebih dominan penyedap rasa. Warna agak buram. Sedangkan daging tekwan agak benyek karena terlalu lama merebus walaupun ikan giling terasa di ujung lidah.

#2 Pempek 26 [★★★★]
Lucu juga lokasi warung pempek ini karena bersebelahan dengan warung sebelumnya, hanya dibatasi kantor travel agent. Memasuki warung yang sepi ini mungkin yang terpikir di benak Anda adalah pasti ada yang tidak beres di warung ini. Benar saja, dengan melihat menunya Anda bakal mengajukan protes ke pemilik warung karena telah menipu Anda. Ini bukan warung pempek palembang tapi warung soto lamongan! Geli banget membaca menu yang ditawarkan, menu utama memang pempek dan tekwan tapi di lebih banyak lagi menu yang tidak berhubungan dengan daerah palembang. Misalnya soto, penyetan, pecel dll. Pempek pun ada pilihan lain seperti topping ayam atau cumi. Aneh? coba lihat  foto di bawah ini

Pempek kapal selam topping ayam adalah pempek kapal selam seharga 10rb berbentuk chicken katsu yg digoreng dengan api amat besar sehingga tampilan luar gosong dan bagian dalam lembut benyek, dihiasi suwiran ayam seperti soto! Jangan harap ada rasa ikan di pempek ini, yang ada hanyalah rasa sagu. Cuko seperti biasa, ada yang manis dan pedas. Berbeda dengan sebelumnya, cuko di warung ini lebih encer, namun cuko pedas masih bisa ditolerir oleh lidah saya.

Untuk tekwan saya acungi jempol karena amat lengkap isinya. Amat sangat kelewat lengkap sepertinya, karena setelah kagum dengan komposisi irisan bengkoang, jamur, udang dan soun malah down melihat mie telor (kuning) dimasukkan juga di mangkung tekwan. Seperti mie celor atau malah mie bakso? Rasa kuah tekwan gurih, enak di lidah tapi sekali lagi untuk daging tekwan yang ada cuma rasa sagu yang benyek.

#3 Pempek Ulu Bundar [★★★★★★]
Letaknya di seberang Mirota Kampus, satu atap dengan ATM BCA. Merupakan warung pempek yang dilengkapi menu siomay. Harganya lemayan murah. Seporsi pempek kapal selam besar seharga 5rb, kulit 3rb, sedangkan siomay rata-rata 700.

Yang saya coba di warung ini cuma pempek kapal selam, kebetulan yang terisa cuma itu. Telurnya pas, begitu juga daging pempeknya. Hanya saja yang bikin turn off adalah cuko. Ya.. lagi-lagi masalah cuko. Di warung ini disajikan cuko manis dan pedas, seperti kebanyakan warung pempek di Jogja. Hanya saja cuko manis masih agak terlalu masam sedangkan cuko pedas terasa sedikit basi. Sedikit lebih pekat dan lebih kental menambah poin penilaian saya.

#4 Pempek Ny Kamto [★★★★★★★]
Ny Kamto merupakan pionir masakan palembang di Jogja. Warung yang kami kunjungi merupakan warung utamanya di sebelah Ramai Mall malioboro. Jaman dulu kalau ingin makan pempek yah mesti di daerah ramai mall, bayak pilihan namun Ny Kamto yang banyak diincar. Kini warungnya sudah banyak menyebar di Jogja, dari daerah Palagan sampai mall-mall.

Pilihan menu lumayan lengkap, dari pempek kapal selam, bundar, kulit, lenjer, lenggang panggang, tekwan, model dll.  Hanya saja minumannya instant (soft drink), tidak ada es kacang merah maupun jeruk keprok.

Pempek kapal selam yang tersaji lumayan enak, digoreng pas tidak terlalu gosong. Telur di dalamnya juga tidak mentah. Sedangkan cuko seperti biasa, cuko manis yang terasa kecut sedangkan cuko pedas terasa manis. Tapi di warung ini tidak begitu dominan rasa gula merahnya sehingga masih bisa diterima lidah. Yang kurang hanya saja (sekali lagi) tidak ada ebi giling sebagai pelengkap. Seporsi kapal selam seharga 9rb.

Untuk tekwan dengan harga 9rb Anda bisa menikmati gurih sekaligus segarnya kuah kaldu ikan. Daging tekwan juga tidak didominasi rasa sagu dan tepung, tapi ikan. Ada irisan bengkoang sebagai pelengkap tekwan. Namun bawang goreng yang ditaburkan terlalu bayak, mengganggu kenyaman saya menikmati kuah yang lezat ini.

#5 Raja Rasa [★★★★★★]
Letaknya di utara Hotel Melia Purosani. Menyajikan menu pempek, siomay, dan bakso kakap. Pempek kapal selam seharga 5b, kuli 3rb sedangkan siomay rata-rata 500 saja.

Pempek di warung ini begitu murah meriah, dengan harga murah Anda dapat merasakan lezatnya rasa ikan di adonan pempek. Sedangkan cuko saya tetap meilih cuko pedas yang masih bisa diterima lidah saya. Tidak begitu masam namun sedikit pedas.

Kesimpulan
Kalau ingin makan pempek secara puas namun kantong Anda pas-pasan coba berkunjung ke Ulu Bundar atau Raja Rasa. Tetapi kalau kocek Anda sedikit berlebih untuk menikmati lezatnya cita rasa masakan Palembang cobalah ke Ny Kamto. Sebenarnya ada juga restoran palembang lain yang lebih lengkap dengan rasa amat otentik bernama Ampera, namun ketika disambangi sudah tidak buka lagi :(

Kalau Anda tertarik mencoba kuliner Jogja akhir pekan bersama saya, bisa bergabung bersama Klub Cibir Makanan. Tunggu info lebih lanjut 😆

Tulisan lainnya dari peserta klub cibir makanan:

21 Comments



  1. // Reply

    Kalau Anda tertarik mencoba kuliner Jogja akhir pekan bersama Alle .. buru2 saja, mumpung masih available


    1. // Reply

      udah pernah nyoba pempek Ny Heni ? enak lho .kalau menurut saya lbh enak dari kamto cm blm terkenal aja .sekarang buka digejayan depan tk mitra, condong catur jl.ringin raya ,ama didepan Haris swalayan jl.wahid hasyim .brand nya Pempek dan siomay .coba aja .


  2. // Reply

    kalian ngereview, sumber poto nya sama semua yaaa… berasa dejavu… 😆


  3. // Reply

    oooh, jadi ini kerjaan lu yg baru Le? mantap2,, hehe… Lain kali kuliner di Palembang langsung yak,, mie celor, celimpungan, otak-otak, tekwan, semua jenis pempek sampe pempek panggang, lenggang, pindang patin, dan kalo ada kawinan bisa makan nasi gemuk dengan pentul (daging pake rebung-adanya cuma pas kawinan doang, jadi rebutan),,, pokoknya mantap dah!!!


    1. // Reply

      sebenernya di Ampera itu lengkap masakan palembang, ada pindang patin, pindang tulang dan jajanan lainnya. gak ada pentul sih. rasanya enak. tapi sayang udah tutup :(


      1. // Reply

        wakss.. kamu anak palembang jugah bang ???
        ckckckck sama donk.
        tapi sayah bukan terdampar d jogja, saia trdmpar di hutan.
        hahahaaa

        salam kenal yak.
        salam wong kito galo.
        gegegegegegg


  4. // Reply

    huhuuuu… iya, turut berduka utk ampera…

    skala ratingmu 10 ya? pantesan, kaget td liat mang pari kok bintangnya banyak…


  5. // Reply

    aku harus nurutin review yang mana ya?
    gimana kalo review paling keren dipajang di blog CA, itung2 buat update.


  6. // Reply

    waduh jadi ngilerr nih…masalahnya kalo di jakarta makin sulit nyari pempek…di abang-abang yang lewat ajah udah jarang banget… :(



  7. // Reply

    sistem ratingnya menyenangkan,
    banyak bintangnya semua..

    ntar sekali2 mau ikutan ngetes jajanan sama kau dan kawan2 ah,
    boleh ga, le ?
    :)


  8. // Reply

    belum pernah nyoba yang lainnya, cuma pernah nyoba Pempek Mang Pari 19 Ilir yang ada di taman siswa.. sayang udah lama nggak ke jogja jadi belum bisa nyicipin yang lainnya// :)



  9. // Reply

    wah pempek ya?
    kalau mau cari tempoyak di jogja dmana ya?
    ada info ke?


  10. // Reply

    Mau rasa pempek sebenarnya?
    Kontak saya saja
    http://www.pempekjogja.com
    Untuk harga diatas rata rata pempek yg beredar di jogja..
    Namun untuk rasa hhmmmm… silahkan..
    Kapal selam 15rb (120 gram)
    Lenjer/mini selam/adaan/kulit irb (60 gram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *