Sherlock Holmes

Malam pergantian tahun 2010 saya habiskan dengan menonton film di XXI bersama beberapa jelata Cah Andong. Selain memang tidak ada acara khusus untuk meramaikan pergantian tahun, hal ini untuk menuntaskan nonton bareng yang sehari sebelumnya tertunda karena kehabisan tiket.

Film dibuka dengan Sherlock Holmes (Robert Downey, Jr) bertarung menggunakan teknik yang diperhitungkan masak-masak untuk melumpuhkan lawan dengan sedikit tenaga namun efek yg dihasilkan bagi lawan (korban) adalah kesakitan yg cukup lama. Holmes ingin menyelamatk wanita yg dijadikan korban ritual pemujaan oleh Lord Blackwood. Namun sial saat mengendap-endap malah ketahuan lawan, beruntung diselamatkan oleh Dr John Watson.

Selanjutnya dua kekuatan yang berbeda namun saling melengkapi itu (Holmes dan Watson) bergabung menuntaskan beberapa misteri (kasus). Layaknya mengikuti serial detektif atau misteri lainnya (CSI, conan, maupun Da vinci code) penonton dibuat melongo terkagum-kagum dengan analisa Holmes, keajaiban, serta kebetulan yg beruntun.

Film dengan alur cepat ini menonjol pada dialog yang panjang namun berbobot dan tidak membosankan. Khas inggris. Memang sih kalau tidak hati-hati saat menonton pasti banyak yg terlewatkan karena terlalu cepat. Mimik Downey yang kocak, keanggunan Rachel McAdams yg berperan sebagai mantannya Holmes, Jude Law yang mampu menaikkan klas Dr Watson serta musik yang pas merupakan perpaduan yang menjadikan film ini cukup nyaman dinikmati selama 2 jam lebih.

Mungkin kekurangan film ini cuma terletak pada seringnya adegan slow motion saat bertarung, dan efek komputer yang biasa saja.

Bagi saya sebagai pemula Sherlock Holmes, film ini cukup menghibur dan cukup menarik untuk dinikmati sampai detik terakhir. Tersiar kabar Brad Pitt akan mengisi karekter Prof Moriarty untuk sequel Sherlock Holmes. Jadi gak sabar nunggu kelanjutannya! ah sementara menunggu apakah lebih baik saya membabat habis seluruh novelnya? :mrgreen:

15 Comments


  1. // Reply

    Yang kutahu dari sherlock cuma satu, yaitu dipakai dilla sebagai nickname. Selain itu ya belum tau, novelnya belum pernah, filmnya juga :)

    Nice review mas Ale!


  2. // Reply

    Salah satu pecinta Sherlock adalah Conan si detective cilik … jadi ingat ada seri yang belum kebaca di dctp.ws Makasih reviewnya Kang Alle, minggu ini aku akan usahakan nonton pelem ini.


    1. // Reply

      dulu pernah baca tapi blom selesai. mau beliin seri yg lengkapnya? πŸ˜‰ πŸ˜€


  3. // Reply

    saya belum nonton film ini *sigh*
    tapi berbeda dari gambaran dr watson sebelumnya, dr watson yang ini seksehh…


  4. // Reply

    @Saa & @itikkecil
    mulai dehhh, fans nya Jude Law bertebaran hahaha..


  5. // Reply

    gak sabar nunggu iron man 2, mau lihat downey lagi…


  6. // Reply

    ah saya puas tuh nonton Sherlock Holmes. Pas lah dengan gambaran buku yang saya baca. Well, emang semua orang bisa nangkep British jokes khasnya di Holmes itu… dan yeah Watson-nya agak sedikit di luar bayangan saya sih πŸ˜†


  7. // Reply

    wah saya belom sempat nonton, (doh)


  8. // Reply

    wow, kk alle nonton sambil tebar petaka di bioskop… πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *