Oleh-Oleh Dari Kediri

,

Niat ke Kediri sebenarnya bukan untuk jalan-jalan. Tapi setelah niatan tertuntaskan pergilah saya mencari oleh-oleh. Toh kota ini belum pernah saya pijaki. Menyusuri jalan-jalan yang saya tidak tahu sama sekali kemana arahnya. Mencari-cari makanan khas dari Kediri untuk dibawa ke Jogja.

Setelah tanya sana-sini, akhirnya saya tahu klo Kediri adalah produsen tahu. Sudah pada tahu klo khas Kediri adalah tahu? hehehe… Lebih tepatnya macam-macam tahu. Penjual oleh-oleh banyak tersebar di pusat kota Kediri. Yang terkenal adalah Toko POO (Pusat Oleh-Oleh) yang terletak di Jl Yos Sudarso.

Ramai sekali suasana di toko Poo hari itu. Ramai pengunjung (wisatawan Surabaya, saya beserta rombongan), ramai yg jual, ramai juga barang yg dijual ๐Ÿ˜€

Macam-macam tahu dijual disini. Tahu kuning (tahu padat bewarna kuning) dijual per besek Rp 13000 , masih mentah tapi bisa juga langsung dimakan. Selain itu ada juga tahu pong, jenis tahu ini seperti tahu gejrot atau tahu sumedang, yaitu tahu goreng yang hampa (tidak padat) dan dimakan dengan bumbu kacang atau cabe rawit (cengek). Harga per porsi tahu pong Rp 6000. Olahan tahu lainnya yaitu kerupuk dan stik tahu dijual sekitar Rp 5000 per bungkus.

Ada lagi khas dari Kediri lainnya. Bukan makanan olahan dari tahu tapi dari pisang. Namanya getuk pisang. Bentuknya sendiri bukan seperti getuk lindri ataupun getuk goreng. Tapi bentuknya seperti lemper besar (lontong) atau malah seperti kue lemet baik isi maupun tampilan luarnya. Getuk pisang dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang digulung seperti lontong. Isinya berupa pisang raja yang dihaluskan dan sudah dikukus.

Karena keterbatasan waktu, saya hanya bisa mengeksplorasi Kediri dari makanannya saja. Lain kali mungkin akan menjelajah tempat wisatanya. Nah, Inilah tampilan stik tahu dan getuk pisang itu!

getuk-stik

Kombinasi yang aneh bukan untuk makan malam? :(

by

50 Comments


  1. // Reply

    dari tadi saya datengin blog isinya makanan melulu. saya jadi lappeeerrrrr!!! :((

    *alle tanggung jawab!* ๐Ÿ˜ˆ


  2. // Reply

    jalan-jalan memang selalu menyenangkan
    bisa mencicipi makanan khas kota yang singgahi

    jadi kangen pecel kediri, selain pecel maidun itu


  3. // Reply

    wah aku doyan bgt tuh sama tahu pongnya…
    berani degh ngabisin berplastik2 …:P

    getuk pisangnya keknya enak yah…tp belum pernah nyoba aku..jd penasaran


  4. // Reply

    #jan
    dari dulu saya biasa pake minyak tanah

    #fikar
    getuk pisang tuh yg paling enak ๐Ÿ˜€

    #amel
    yah mangaap :mrgreen:

    #hangga
    yah silakkan ke kediri yah,.. hehehe…

    #cK
    suruh sapa mampir sini ๐Ÿ˜›
    oia,.. mumpung zam masih mengais 5Jt nya di Jkt, kamu ajakin aja tuh wisata kuliner,.. lumayan 2jt nya kan buat makan2 ๐Ÿ˜€

    #peyek
    lhaa,.. saya ndak tau cak. Yang kepikiran dari kediri yah tahu. thx 4 info

    #nico
    emanggg!!! ๐Ÿ˜ˆ

    #icha
    rasanya manis legit bu. kenyal ky agar2 dan bewarna kemerahan.

    #pank
    lhoo,.. apanya yg terpuaskan? ๐Ÿ˜€


  5. // Reply

    bukannya sumedang kota tahu?.. gethuk pisangnya oke kayaknya tuw… pengen taw kayak apa rasanya….


  6. // Reply

    bener. pecel kediri, mempunyai versi yg beda dengan pecel sodaranya, madiun.. ๐Ÿ˜€

    soal getuk pisang, ini ndak tau yg mana yg bener, setauku ya getuk pisang itu asli madiun. ah tapi ini bukan menjadi masalah, bukan? wong daerahnya juga berdekatan..

    oiya, seingat saya getuk pisang yg mantab itu yg isinya berwarna kemerahan.. secea bentuk memang seperti lontong, tapi aroma pisangnya sudah ngawe-awe..

    oiya, pernah nyobain Soto Kediri? hmm.. saya belom..


  7. // Reply

    YESโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆ.
    Tim Thomas dan Uber sudah sampai babak semi final
    Tetap dukung sampai Menjadi Juara


  8. // Reply

    Stik tahu dan getuk pisangnya itu yang menarik.
    Eksplore lagi apa yang menarik dari Kediri.

    Tabik!


  9. // Reply

    harga tahunya ada yg lbh murah gax??


  10. // Reply

    Di Kediri ada apa ya ….
    Ada tahu yang bikin kenyang karena gede banget..
    Ada getuk pisang yang emang TOP dengan rasanya mantap dan harganya murah..
    Ada soto [malem] di sekitar lapangan depan kantor DPRD Kediri kabupaten yang rasanya mantep punya.
    Ada Tempat Makan Emprit Goreng, yang aku ga tega makannya..
    Ada Bakmi jawa [malem] di depan halte deket kantor DPRD kediri kab yang bikin ketagihan dan rasanya belum nemu tandingannya di Jogja dan yakin deh lebih mantap dibandingin mie Aceh…
    Ada pecel dimana” sampe susah nyari warung yang ada tulisannya ‘masakan padang’, tapi kayaknya pecelnya lebih mantap madiun punya deh..

    Kalo mau jalan” jangan lupa mampir di Simpang Lima Gumul, kalo bawa fotografer yang bagus…dijamin kamu bakal serasa foto di Monumen Arc de Triomphe di Paris, Perancis. Karena dibikin ukuran dan bentuknya sama dengan yang aslinya disono..


  11. // Reply

    Hmm… tahu. Deket jembatan Srandakan ada tahu enak banget, masih jualan ga ya?


  12. // Reply

    apa bedanya dengan tahu pong tegal? stik tahu itu kayanya cuma tahu yang bentuknya seperti stik gitu yah?


  13. // Reply

    hmmm… asik nih kuliner terusss…. memang enak.. ๐Ÿ˜€


  14. // Reply

    Makanan Indonesia memang Ciamik
    maka dari itu
    BANGKIT dan MAJUlah INDONESIA


  15. // Reply

    ini sih makanan langganan abis lebaran hasil ngerampok temen saya yang mudik ke kediri…

    stik tahunya enak banget.. ga terlalu asin, tapi enak…

    tapi sekarang temen saya ini dah lulus, ga bisa dirampok lagi deh :(


  16. // Reply

    Jauh jauh ke Kediri cuman belu tahu??? mending ke Sumedang aja
    (hakaka podho adohe)


  17. // Reply

    stik tahunya ajiib..makannya nggak berlinangan air mata kan le..?

    ๐Ÿ˜› ๐Ÿ˜› ๐Ÿ˜›


  18. // Reply

    berapa ya permintan krupuk tahu tiap tahun?

    berapa ya produksi krupuk tahu tiap bulan?

    thank you for the info


  19. // Reply

    wah udah lama ya ke Kedirinya?
    ko nggak mampir ke Malang??? hehehe


  20. // Reply

    kediri emang asiiik….’

    adem ayem….palagy ama orang2nya…..

    aq jadi kangen ma kota kediri…hehehehe


  21. // Reply

    Mau ikut kasih info. Sekarang kalau pengin makan Pecel Khas Kediri gak perlu bingung atau repot-repot lagi. Meski tinggal jauh dari Kediri, tapi nikmatnya Sambel Pecel Khas Kediri masih bisa dinikmati tiap hari. Kunjungi saja web http://bumbu-pecel.atspace.com . Di web ini Anda dapat pesan Bumbu Pecel dan Bumbu Gado-gado khas Kediri. Tinggal kirim email atau telp, Bumbu siap dikirim ke tempat Anda. Yang jelas, rasanya pasti mak nyusss …. dan harganya relatif murah ..


  22. // Reply

    Mas/Mbak ada nggak yg jual tahu pong mentah di Surabaya, kalau bisa produsennya gitu.tx


  23. // Reply

    jadi pengen pulang k Kediri ni mas.. lol


  24. // Reply

    WAH, PAS BENER

    HEEEE……3333XX

    WAH, JADI RINDU MA KAMPUNG HALAMAN NE.
    DAH LAMA GA PULANG NE

    NE FS GUE DEFKO

    ADD YAA


  25. // Reply

    Oleh-Oleh Khas Kota Bung Karno Blitar
    Industri rumah tangga Bapak Jarkasi telah berdiri sejak tahun 1983, Bpk Jarkasi yang pada awalnya adalah seorang petani yang kemudian mencoba berkarir di dunia dagang kini keberadaanya menjadi bahan pertimbangan bagi anda yang hendak mendapatkan jajanan sehat syarat keunikan dan cita rasa tinggi. Jenang adalah pilihan awal yang mulai ditekuninya bersama sang istri (Ny. Suratemi). Bisnis ini berkembang sedikit demi sedikit dan sampai kini bertahan dan menunjukan existensinya. Meski kini Bpk Jarkasi telah tiada, namun usaha yang sejak dulu digelutinya menjadi tanggung jawap putra-putranya untuk meneruskanya. Adapun jenis dagangan yang telah dikembangkan dan masih exist, diantaranya :
    1. Jenang Ketan P_IRT 206350501129

    Jenang ketan ini asli dibikin dari Ketan, Gula, Santan Kelapa, Vanili dan bahan penyedap. Dijamin keamananya karena diproses dengan pengeringan di wajan dan tanpa pengawet. Biasanya jenang ini banyak diminta untuk acara resepsi. Banyak memang jenang yang menggunakan bahan campuran beras, tapi produk yang kami tawarkan adalah asli dari ketan sehingga hasilnya sangatlah istimewa. Texturnya lembut, halus, lentur dan representative. Jenang ini hanya mampu bertahan selama max 10 hari saja, maka dari itu apabila konsumen menginginkan jangka yang relative bisa bertahan lama, seyogyanya datang kerumah produksi untuk memperoleh jenang yang baru. Sudah banyak dikenal diseluruh Blitar, kalau jenang yang berlabel โ€œBpk Jarkasiโ€ adalah oleh-oleh yang mantap dan sangat cocok sekali dijadikan buah tangan yang khas nDesa khususnya daerah Blitar (kota bung Karno).

    2. Wajik Kletik P_IRT 215350502129

    Mungkin banyak ditemui hampir setiap daerah mempunyai makanan yang mirip namanya seperti halnya wajik kletik. Wajik kletik yang dibikin di Blitar sangatlah menonjolkan ke-khas-an rasa yang tidak anda temukan pada wajik kletik yang berasal dari daerah selain Blitar. Rasanya kletik-kletik, manis dan kasar di lidah. Keterpaduan rasa yang ada dalam wajik kletik ini menambah kenikmatanya. Ada banyak wajik kletik yang bisa anda temukan di Blitar, namun wajik kletik yang kami produksi adalah merupakan produk unggulan kota Blitar. Harga yang kami tawarkan sesuai dengan cita rasa yang kami berikan. โ€œrasa membawa hargaโ€ begitu orang jawa bilang. Pada intinya ada tidak akan kecewa mengeluarkan koceng untuk menikmati wajik kletik yang Bpk Jarkasi sajikan. Untuk memperoleh oleh-oleh khas Blitar wajik kletik ini, anda bisa datang langsung ke rumah produksi kami di Jln. cempaka Rt 03/02 no 1 lingkungan bening Jingglong Lodoyo Blitar, atau anda bisa menemukanya di hampir semua toko oleh-oleh di Blitar dan di daerah terdekat anda.
    3. Madu mangsa P-Irt 215350503129

    Makanan ringan asli daerah jawa adalah madu mangsa, selain menjadi ikon Jawa, madu mangsa juga masuk dalam salah satu produk unggulan kami. Semua orang Jawa tidak akan merasa asing ketika mendengar jajan madu mangsa karena kebanyakan orang tua bisa membikinya di rumah. โ€œSidodadi makmurโ€ memberikan kemudahan bagi para customer yang ingin menikmati madu mangsa tanpa harus kerepotan membuatnya sendiri di rumah. Rasa tape ketan sangat kentara dan mewakili dari kesatuan cita rasa yang disajikan. Madu mangsa adalah hasil dari fregmentasi ketan yang dicampuri ragi. Santan adalah bahan yang menjadikanya lebih nikmat. Proses yang digunakan sangat tradisional dan menggunakan bahan bakar kayu sehingga dihasilkanya produk yang memberikan kepuasan selera tinggi anda terhadap jajanan madu mangsa.
    Semua makanan yang Bpk Jarkasi berikan telah memenuhi standar kesehatan yang disyaratkan oleh dinas kesehatan, sehingga anda tidak perlu meragukan lagi kualitas yang kami berikan untuk anda.
    Semoga anda puas dengan layanan dan hasil produksi yang kami berikan untuk anda.
    Terima kasih.


  26. // Reply

    duh da yg tw tmpt jual oleh-oleh khas kediri yang online ga?
    ksh info yuaaa…


  27. // Reply

    assalam…pak buk…kalo mau langganan getuk pisang….gmana prosedurnya…ada no yg bisa di hubungi…


  28. // Reply

    wah saya sebagai warga kediri senang nih makanan khasnya bisa diulas di blog ini -_- thanks


  29. // Reply

    enak bgt kl lg plg ke kediri,makanan murah,uenak2,…..


  30. // Reply

    WAH” …AQ MAU TANY AJ KABAR ANK” YG KERJA DI SONO …DR SESEORANG …YNG PRNAH KERJA DI STU ……PAK HI JANGAN GALAK ” MA ANK BUAHX …NNTI JADI MAKAN HATI LO …..MF WKTU KLUAR AQ GK PAMITAN MA PAK HI /HARIANTO ………..MFIN SGALA SALH AQ …… KLO AJ BPK NGERTIIN AQ ,,,AQ GK BKALAN KLUAR DR STU ….BPK TERLALU SOMBONG ORANGX …N GAK BISA NGERTIIN SESEORANG …
    SEMESTINYA BPK BISA NGERTIIN KARYAWAN BPK ….AP UANG ITU LBIH PNTING DR SGALAX….KLO EMG ITU BRARTI BNER YNG AQ DUGA SLAMA INI………….


  31. // Reply

    JNGAN MENGANGGAP SESEORANG SPT MESIN UANG ……………


  32. // Reply

    indahnya hidup di Indonesia, beraneka ragam masakan nusantara/ makanan khas setiap daerah menambah komplet aja rasanya hidup, yang penting lestarikan terus makanan khas setiap daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *