Sang Legenda: Kupat Tahu SGM

,

Memang klo orang gak punya banyak kerjaan itu sukanya nyari kesibukan. Saking gak ada kerjaannya, aktivitas gak lumrahpun dilakukan. Gitu juga dengan saya. Saya bersama teman-teman gak produktif lainnya mencoba ritual baru di pagi hari: sarapan!

Sarapan mungkin sesuatu yang lumrah bagi sebagian orang, namun tidak dengan kami. Ada berbagai macam alasan mengapa kami enggan untuk sarapan πŸ˜€ Bisa karena telat bangun pagi (kesiangan), sarapan dirapel makan siang (brunch), sampai alasan untuk ngirit duit segala.


Nah, kemarin lusa kami (saya, winda, aldi, yudha dan budi) mencoba ritual baru tersebut dengan pilihan menu legendaris: Kupat Tahu SGM. Kenapa saya sebut legendaris? Soalnya kupat tahu ini sudah terkenal sejak dulu, sejak tahun 1959. Pelanggannya saja rata-rata sudah sepuh :) Dan,.. hiburan satu-satunya di sana adalah lantunan tembang jawa yang keluar dari radio tua siempunya warung.

Terletak di perempatan Jalan Veteran – Jalan Kusumanegara, percis di seberang pabrik Sari Husada (SGM) dengan ‘merk dagang’ Kupat Tahu Pak Budi tetapi lebih dikenal dengan Kupat Tahu SGM karena lokasinya.

Menu jualan di warung ini hanya satu: Kupat Tahu yang dipatok dengan harga perporsi 4rb. Kalau untuk minuman, harga dipukul rata (flat πŸ˜€ ) Rp.1000 seperti Es Dawet, Es Teh, Es Jeruk, Es Degan, dan Es Campur.

Kupat Tahu SGM

Konten dari kupat tahu sendiri adalah: kupat (ketupat), tahu putih goreng, irisan tempe bacem, tauge, irisan kol, dan taburan daun seledri serta kerupuk. Berbeda dengan kupat tahu yang biasa saya makan di tanah sunda yaitu siraman kuah kacang (seperti gado-gado), kalau kupat tahu ini (di daerah jawa umumnya) menggunakan kuah encer yang hitam. Setelah dicicipi ternyata kuahnya lumayan sedap. Enak, pedas-manis-asam lah. Karena saya bukan ahli makan-memakan saya hanya bisa mereka-reka kuah itu terbuat dari kecap, bawang putih, cuka, gula merah dan cabe (CMIIW). Wah sok ahli kulinerrr!!

Nah untuk minuman, kemarin saya pesan es dawet. Rupayanya rasa es dawet di warung ini tak semanis tampilannya (yang biasa saja). Rasanya manis bangettt!! hehehe.. Saya dan teman-teman yang kesemuanya dari klan Sumatranensis ini langsung bertampang aneh setelah meminum es dawet. ‘Kemanisan‘ itu komentar Winda.

Oia, makan kupat tahu ini paling enak ditemani dengan keripik tempe atau emping. Tapi efek makan kupat tahu ini hanya sebatas jam 12 siang aja. Gak lebih. Soalnya porsinya sedikit πŸ˜€

OK, menyusul liputan kuliner pagi lainnya. Tetap semangat! [opo ki]

by

36 Comments


  1. // Reply

    Saia juga males sarapan koq, keburu kuliah..
    *sok2an berangkat kuliah * wekekeekekeeeee…

    Bsk klo pas lewat SGM tak coba deh..


  2. // Reply

    haha.. tapi di lidahku kok rasanya kurang nendang, yah? ;))

    sebelahnya, lotek yg ngakunya juara lomba lotek itu, dah pernah nyobain?

    πŸ˜€


  3. // Reply

    wakakak.. lucu jg ya Le, sibuk..? sm kek aku, sibuk mencari aktivitas untuk mengisi waktu luang… πŸ˜€

    keknya enak tu?? tp jauh banget di jln kusumanegara, pake sepeda siy nyampe, tp abis itu gempor =)), πŸ˜€


  4. // Reply

    eh le .. kmaren pas kmi ke dieng tu makan kupat tahu .. porsinya kliatan lebih banyak .. padahal kupatnya sedikit .. udah gitu yang banyak itu kol (kubis, red.) tapi tetap aja lebih enak kurasa daripada yang di SGM …
    hehheheh

    :)


  5. // Reply

    Waah…udah lama aku gag pernah sarapan
    yang ada sarapan diganti dengan makan sore πŸ˜€


  6. // Reply

    wihiiii… udah lama pengen nyoba, tp blom kesampean mpe skr… huhu..


  7. // Reply

    hoho boljug tuh kupattahu..budaya makan pagi emang lebih sehat, cuman entah kenapa, gw tetep aja laper lagi sekitar jam 11an, jadilah ritual jamak makan nggak bisa dilakuin lagi, hasilnya kantong menipis


  8. // Reply

    wahhhh… ini jelas bener nech makan2x… ada potonya..*he5x…*


  9. // Reply

    Mas, kupat tahunya satu donk….
    minumnya es teh aja…
    he he….
    saya biasanya kalo sarapan juga ikut bang Joe, tak jamak takhir sama makan siang, tapi cuma waktunya. Porsinya juga tetep..
    btw, kuliner mie ayam aja Bung. Saya butuh info tempat makan Mie ayam yang enak di jogja. Saat ini andalannya cuma sendowo je……he he..


  10. // Reply

    @alle
    Enggan sarapannya bukan karna lagi diet..kan Le?
    Soalnya.. yang aku pernah aku baca di koran, kebiasaan ga sarapan tuh justru bisa bikin gemuk lho..

    @amel
    Coba klo tau ada kupat tahu legendarisnya dari dulu.. mba.
    kan kita bisa mampir kesana ya.. biz pulang dari Pamela kemaren.. hihi
    (ngomong2 jalan veteran, jadi inget pengalaman nyasar kemaren..)


  11. // Reply

    kupat tahu enak di jalan parangtritis juga ada tu.. πŸ˜€
    btw, kupat tahu di situ berapaan sih harganya?


  12. // Reply

    lha? alasan yang diungkapkan di atas kok sama ya hehe


  13. // Reply

    hohoho.. sepertinya asik juga tuh kupat! ada yang tertarik nyobain siomay bandung di depan UII? πŸ˜€


  14. // Reply

    @ crizosaiii
    asyiiik… Angga mo ntraktir kita siomay… yuhuu yuppie.. πŸ˜€ πŸ˜€


  15. // Reply

    #jan
    Kuliah! Kuliah! :mrgreen:

    #edy
    iya tuh oom,.. porsinya dikit. Efeknya cuma tahan sampe jam 12

    #gun+annots
    Hush!

    #zam
    blom nyobain loteknya,.. ntr tak cobain. Tp ky nya lotek terenak itu di pogung :mrgreen:

    #amel+sash+detnot
    nyoook cobain bareng

    #bedjo
    iya tuh,.. ntr kita nyobain yg di magelang sama yg di Dieng gmn? hihi…

    #sarahhh
    sarapan donk non,.. ntr kamu atit :mrgreen:

    #nico
    saya malah pengen nyobain degan bakar hehe…

    #adit
    iya tuh,.. kan krupuknya banyak hehehe…

    #joe
    wah mendingan aku yah,.. makan gak di jamak qashar πŸ˜›

    #fachrut
    minta sarapan donk sama si bibi dijamin kenyang terus,.. ato sebaliknya yah?? hehe..

    #pank
    bukan HOAX :mrgreen:

    #friend
    aku juga kurang ngerti klo di Jogja mie ayam yg enak dimana,. udah dicobain kemana2 blom ada yg sreg

    #adi
    lho,.. ber** itu maksute opo?
    Ketika kita bertemu gadis oriental kah??? hehehe…

    #kang herry
    wah itu saya juga lagi menyibukkan diri tuh kan

    #mifta
    alasan utama: ngirit :mrgreen:

    #eskopret
    lhaa,.. saya malah blom nyobain tuh kang

    #wenny
    wah di sebelah mana wen? makan bareng yuuk πŸ˜›

    #antown
    yang mana mas? hehehe…

    #nene
    yah menyesuaikanlah mbak,.. klo diitung2 kupat tahunya kan mahal πŸ˜€
    thx atas kunjungannya

    #teddy
    lha,.. mestinya kamu yg traktir,.. udah balikan sama si C70 :mrgreen:

    #jon
    siomay di sana lumayan enak

    #amel
    iya tuh mel,.. lagi gajian πŸ˜€

    #bram
    lha kebalik,.. saya malah biasa pake bumbu kacang,..
    btw, di sana per porsi berapa? hahaha… selamat menyesuaikan diri


  16. // Reply

    dulu waktu beli disitu gak nyangka kalo itu yang dibilang legendaris itu. tapi menurut saya rasanya gak begitu istimewa ah. mungkin itu selera untuk orang yang sudah sepuh ya, hehehe.


  17. // Reply

    saya nunggu ditraktir aja dech baru mo nyobain.. πŸ˜€

    Ada yg berbaik hati mau mentreaktir saya???


  18. // Reply

    wah jd tringat pas kulya saya demen jogging cmn biar isa nikmatin bubur ayam fave saya soalna sy paling males sarapan kl pagi. mauna ma buryam..hehe


  19. // Reply

    Kalo bu2r ayam t’enak di krapyak, nmnya buryam bandung (wekekekek… jauh2 ke jogja ktm buryam bdg), ada kpt tahu kuah kcang juga


  20. // Reply

    enak yah ………. tahu putih sama kuahnya jadi pengen nyoba.


  21. // Reply

    Itu es dawet apa air kobokan??? trus itu kupat tahu apa krupuk goreng,..??? wak..kak…wak..kak..kak..kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *