Doa Menjelang Kematian di Hari Ulang Tahun

Sudah sebulan ini saya merasa kepusingan dan gundah gulana, selalu tidak tenang. Sebulan yang lalu adik saya bercerita bahwa Abi baru saja bermimpi. Mimpi yang sangat aneh untuk golongan orang yang jarang bermimpi seperti Abi. Abi bermimpi bertemu dengan mahluk berwujud putih seperti malaikat. Sang mahluk tersebut menyampaikan bahwa umur Abi tinggal sedikit. Mahluk tersebut berlalu sambil meninggalkan clue sekadarnya tentang tanggal pencabutan nyawa. Sungguh setelah saya mendengar cerita tersebut langsung tersungkur, tergetar membayangkan ditinggal orang yang kami sayangi.

Sayapun menelepon Ummi, mencari bukti lebih otentik dari cerita adik saya itu. Ummi pun melengkapi cerita, tapi entah kenapa kata-kata yang meluncur dari beliau sedikit menentramkan hati saya yang gelisah. Beliau hanya berpesan bahwa mimpi itu hanya sebuah bunga tidur, jadi janganlah dianggap terlalu serius. Pun kalau ternyata benar kematian Abi seperti yang terekam di mimpi itu saya harus legowo, pasrahkan kepada Alloh. Bukan seperti orang Arab yang justru tidak ingin melaksanakan ibadah di Tanah Suci karena alasan takut mati [maaf bukan maksud untuk rasis].

Setelah percakapan dengan Ummi, perasaan saya masih tidak tenang, walaupun sudah agak berkurang. Dan sampailah kegelisahan tersebut di hari kemarin. 25 Febuari. Abi genap berusia 60 tahun. Saya amat sangat bersyukur kepada Alloh karena Abi masih diberikan umur yang panjang. Masih diberikan waktu yang lama untuk keluarga. Dan masih ada waktu untuk saya membahagiakan beliau.

Seperti falsafah orang Karo, yang teman kos saya katakan ‘Ada tiga kebahagian yang orang tua dapatkan dari kita sebagai anak, yaitu: atas kelahiran kita, selesainya sekolah kita (wisuda), dan mengantarkan kita ke pelaminan (menikah)’. Dan saya,.. belum melengkapi kebahagiaan itu. Hanya bagian pertama saja.

Waktu begitu cepat berlalu, detik berganti menit, menit berganti jam, jam berganti hari, hari berganti minggu, minggu berganti bulan. Tapi saya ingin semua itu berjalan melambat. Saya ingin lebih lama menghabiskan waktu terbaik saya untuk Abi.

Father, you are the best of the best father in the world. Abi hanyalah seorang pensiunan PNS, hampir seluruh hidupnya diabdikan untuk negara. Abi bukanlah BJ Habibie yang cerdas, ataupun Aburizal Bakri yang kaya-raya. Abi hanyalah orang biasa, tapi orang nomor satu di keluarga saya. Entah berapa hitungan peristiwa yang mengisyaratkan Abi adalah Ayah terbaik. Begitu banyak! Tak cukup rasanya semua rentetan peristiwa yang telah saya alami untuk menggambarkan bahwa saya-hanyalah-seorang-anak-tak-tahu-diri dan Abi-adalah-ayah-penuh-pengertian-penyayang-keluarga.

Selamat ulang tahun Abi. Terimakasih telah mendidik dan membesarkan saya dengan baik. Semoga saya selalu dapat membahagiakan Abi di sisa waktu yang diberikan Alloh, entah sampai kapan nanti, dengan menjadi orang yang hebat idaman Abi.

by

36 Comments


  1. // Reply

    Selamat ulang tahun ohm…
    tetap berjuang sobat ๐Ÿ˜€


  2. // Reply

    WAAAAH…..met ultah utk abinya….jadi pengen ketemu ayahku juga….and say how i really love him!!! ๐Ÿ˜‰


  3. // Reply

    lha sama beliau kan saya manggilnya ohm…
    hehehe…
    *nek mas, kurang ajar bro* ๐Ÿ˜†


  4. // Reply

    buat papa mu : smoga tetep sehat selalu yah.. dijaga tuh bapaknya bung, ambil segala cntoh yg sudah dilakukan oleh bapak..
    *sok bijak mode off*


  5. // Reply

    great letter for great Abi from his great son!
    semoga Abi senantiasa dberikan kesehatan dan umur panjang yg barakah! :)

    Allahumma amiieen..


  6. // Reply

    semoga kita semua menjadi anak yang jadi kebanggaan bagi agama, keluarga, dan orang-orang di sekitar kita, amin


  7. // Reply

    semoga segala doa untuk ayah/papa/bapak/abi kita terkabul. amiin..


  8. // Reply

    Robbighfirlii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaani soghiiroo..amiin.

    *Selamat hari lahir utk ayahanda..


  9. // Reply

    Barokallah..
    Selamat hari lahir bwt Abi ny Alle..

    Smg Allah brkenan memberikan qt kesempatan tuk brbakti n membahagiakan kedua org tua qt..Amiin..

    *jd kangen papa:(


  10. // Reply

    Hmm…

    Aku jadi sedih klo dapet mimpi kyk gtu…
    Eniwei, met ultah buwat papahnya mas alle… :mrgreen:


  11. // Reply

    #all
    Amiin..
    Terimakasih atas doa dr tmn2 smua.. Terimakasih atas ucapannya..
    Ada sharing dr seorang shbt yg membuat pandangan saya berbeda.. Kematian merupakan rahasia terbesar Alloh. Dan kematian itu sungguh dkt. Yang tua blm tentu masuk garis finis lbh cepat. Begitupun dgn yg lbh muda..
    Selain menghawatirkan org lain, ada baiknya menghawatirkan diri sendiri. Siapkah saya menghadap Alloh apabila Alloh tiba2 menghendaki saya?

    #adis
    Saya jg gak ngerti knp saya bs begitu mellow :)


  12. // Reply

    met ultah buat ayahnya mas Alle.
    Khawatir kehilangan gara-gara mimpi? Saya juga pernah tuh…
    Untungnya gak kejadian… :)

    Saya jadi berusaha mengingat, pernah kasih apa ya ke babe saya sebagai balas jasa…
    Oww..ternyata belum pernah…huhuhu
    Soalnya saya badung :mrgreen:


  13. // Reply

    Met ultah aja buat ayahnya alle… semoga sehat selalalu ๐Ÿ˜€


  14. // Reply

    selamat ulang tahun oom…
    panjang umur, dan selalu diberi kesehatan oleh Nya…

    eniwei tentang mimpi itu… jangan dipikirin… gak terbukti tho?!


  15. // Reply

    met ultah ommm…. jadi kangen ma bokap *jadi inget belum wisuda juga, huhu*
    tapi kata orang jawa kalo mimpi itu biasanya kebalikannya, Insya Allah Abi akan berumur panjang, amien…. :)


  16. // Reply

    aku pernah mimpi digigit uler, le. katanya orang2 itu artinya mau dapet jodoh. tiwas aku sudah jingkrak2 kesenengan, mikir bakalan kawin nikah secepetnya, eh, ga taunya aku malah dicuekin terus ditinggal minggat sama mantanku.

    jadi kesimpulannya, monggo disimpulkan sendiri, hohohoho!


  17. // Reply

    mo ikutan amin aja lah, dah banyak doa2 yg bagus …

    tp, ih serem ah omongin kyk ginian … jadi inget bukunya syiek siti jenar …


  18. // Reply

    Selamat ulang tahun buat Ayahnya mas Alle, selamat ya pak, punya anak yang sayang sama ayahnya begini… ๐Ÿ˜€


  19. // Reply

    Pertama baca kirain dongengnya siapaa gt,taunya Kak Ale yg bikin.. So sweeeet.. Ga nyangka tmn seperjalananku yg suka seenak2 mengeksplor rumah org ini bs berkisah sprti ini,huhuhu.. Salam buat Abi, penuh doa untuk ultah beliau..;-).. *titip rindu jg buat ayah dirumah, saya akan segera pulang untuk berbakti, tunggu saya!!


  20. // Reply

    Tiga amalan yang tidak akan terputus setelah kita mati:
    1. Shodaqoh Jariyah
    2. llmu yang bermanfaat
    3. ANAK YANG SHALIH..

    Semoga kita bisa mendapatkan ketiganya… Amiiin
    Dan untuk Mas Alle Semoga Abi selalu di beri kesehatan dan Umur yang panjang, jadi mas Alle selalu bisa membahagiakan dan berbakti kepada orangtua *cepet2 nikah yo… tak tunggu undangannya…


  21. // Reply

    berbahagialah mereka yang masih mempunyai abi untuk berbakti kepada mereka yang kita cintai, sekaranglah masa yang tepat untuk berbuat yang terbaik untuk abi/abu/ bapak kita…

    kalau karena kalau mereka sudah kembali kekadirat Tuhan, tak akan ada gunanya bakti kita selain doa…

    kawan, dengarlah rintihan doa anak yang ditinggal mati oleh orang tua mereka, berharap waktu bisa di putar ulang dan melambat, satu hal yang masih dianngap tak mungkin dan menyalahi semua bentuk disiplin ilmu, lantas bisa memberikan yang terbaik untuk ortu mereka, menjadi anak yang berbakit dan memnahagiakan mereka.

    selamat ulang tahun aja untuk abi…
    salam kenal dari aceh


  22. // Reply

    #iphan
    Belum terbukti phan. Waktunya masih sebulan lg.

    #joe
    Saya jg pengen segera nikah. ๐Ÿ˜€ tp blm pernah dpt mimpi ular,.kalo liat ditipi dr manusi jadi uler sih sering :)

    #paris
    Yak! Coba ceritakan kpd saya isi buku itu…

    #winda
    Maaf melibatkanmu dan teman2 di masalah serius ๐Ÿ˜‰

    #amru
    Amiin..
    Sepertinya energi untuk melepaskan lajang lbh besar dr kamu :)

    #jendral
    2008 masih bayut juga?? Ckckck…

    #electron
    Salam kenal dari Jogja ๐Ÿ˜€
    Sayapun saat menulis tulisan diatas sadar bhw betapa beruntungnya saya msh memiliki keluarga yang lngkap. Dan saya tdk akan menyia-nyiakan karunia yang diberikanNya :)

    #all
    Terimakasih sdh ikut mendoakan


  23. // Reply

    selamat ulang tahun om..
    senangnya punya anak berbakti yang penuh kaish sayang :)
    semoga diberi umur yang bermanfaat..


  24. // Reply

    gwe jg punya bokap,tapi dia udah lama pergi.sebelum dia pergi gwe jg sempet mimpiin dia,gwe liat ada sesosok mayat yang tergeletak di ruang tamu gwe.mimpi itu kdg benar tapi nggak sedikit juga yang salah.pasrahin aja.doa tak henti dari deorang anak pasti akan selalu sampe buat org tua kita tercinta.umur g ada yang tau slain dia.gwe jadi inget bokap gwe.smg dia slalu ditempat yang terindah disisi ALLAH SWT amien


  25. // Reply

    Hii, udah telat yah tapi selamat ultah buat abi mu. sungguh membaca ini sayah jadi ingat papa sayah (hikzz, i miss u dad). Falsafah orang Karo ituh benar adanya, apalagi yang bisa buat ortu senang selain itu. sayangnya sayah juga sama kayak anda, lom mewujudkan dua sisanya.


  26. // Reply

    #cinthya
    Thx banget bu :mrgreen:
    seneng juga punya sahabat seperti ibu,.. sosok ibu yang independen tapi penuh kasih sayang

    #wita
    maap,.. so sorry to know that
    gak bermaksud loh mengingatkan memory mu

    #ocha
    thx ocha,.. mari sama2 berjuang demi kelulusan ๐Ÿ˜€


  27. // Reply

    biar telat ….

    met ultah buwat abi-mu ..

    semoga beliau selalu diberi kesehatan, dan semoga berumur panjang

    paling tidak sampai melihat cucunya jadi sarjana ..

    tidak ada yang lebih baik daripada membahagiakan ayahbunda

    dengan doa dan bacaan Qur’an. juga istri yang dapat diandalkan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *