Lebaran Bersama Pak Amien Rais

, , ,

Labbaik Allahumma labbaik,
labbaika lasyarikalaka labbaik.
Innal hamda wanni’mata laka walmuka.
Lasyarikalak

Apa kabar Abi di sana? Semoga baik selalu dan diberikan Alloh kekuatan untuk menunaikan tugas mulia. Semoga tidak seperti tahun lalu ayahanda harus diuji dengan menahan lapar dan rasa yang amat capek setelah menjadi koki dadakan di maktab.

Allahuakbar,.. allahuakbar,.. allahuakbar walillahilham

OK, lebaran kali ini terasa sedikit berbeda. Akhirnya dapat juga berlebaran bersama tokoh penting Muhammadiyah, Pak Amien Rais. Setelah beberapa kali saya berbeda merayakan lebaran, kali ini beliau hadir di UGM dalam pelaksanaan shalat ied bersama. Pak Amien bertindak sebagai Imam sekaligus Khatib. Shalat dimulai di Lapangan GSP – UGM tepat pukul 06.45

Sebagai Imam, Paka Amien tampak terburu-buru, mau kemana Pak? Saat jamaah sedang merapikan shof yang masih bolong-bolong tiba-tiba ada suara takbir yang enteng. Pelan dan nyaris tak terdengar. Banyak jamaah yang masih bengong terpukau dihantam kembali dengan takbir berikutnya, kira-kira tiga detik kemudian takbir berikutnya terlantun dari Pak Amien, seterusnya dan seterusnya. Bacaan tasbih jadi terasa singkat. Surat yang dibacapun berupa surat pendek, Al Ikhlas. Memang, surat ini cukup dalam maknanya. Tapi koq terasa kurang gitu yah kalo dibacakan saat shalat ied :)

Setelah itu Pak Amien naik mimbar. Khutbah yang dibawakan masih berciri Pak Amien banget hehehe,.. dengan bumbu fenomena terpuruknya Indonesia. Tapi maap lho Pak, khutbah jumat Bapak di Maskam ky nya lebih yahud!

Selesai sudah rangkaian shalat ied di UGM. Sekitar jam 07.30 udah pada bubar. Ada yang salam-salaman sama Pak Amien ada juga yang poto-poto. Saya? Tetep asik liat pemandangan sekitar lapangan GSP. Gila! Ada ibu-ibu muda dengan warm-up jacket nya lagi jogging di lapangan. Gak konsen. halah!

Well, agak berlebihan yah judul tulisan ini. Hehehe,.. Intinya, ini kali pertama saya ngikut shalat ied dengan Imam+Khatib Pak Amien. Jarang-jarang lho.

Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga semangat tauhid Nabi Ibrahim AS senantiasa kokoh di hati dan langkah kita. Dan semoga perayaan Idul Qurban dapat memcu kita untuk lebih cinta dan taat kepada Alloh SWT. Amiin. *nyontek dikit dari fachry*

by

17 Comments


  1. // Reply

    @adit
    saya gak konsen dengerin khutbah tuh :)

    @cak alief
    boleh dicoba

    @caplang
    ya rabbal alamiin

    @pepeng
    sori mas, gak da skrinsyut. Gak niat buat tamasya di GSP sih hehe… Tapi ini asli loh!


  2. // Reply

    hehehe.. malemnya dapet dua berita baik dan buruk!

    1. berita baik : makan-makan sate
    2. berita buruk : biaya sewa kamar kos ngelunjak rp 25 ribu wakkksss!! :(


  3. // Reply

    Ya ya … merenungi Idul Adha ‘bersama Pak Amin’, bagus saja. Moga lebih meresap untuk diaplikasikan makna terdalamnya. Amin (Tanpa Rais). Kapan2 pingin ikut ah ..


  4. // Reply

    wuihh..
    kalah ama di lapangan UPn situ,..
    selesai sholat, khutbah,… balik kanan,.. Jaahh!!!

    kubur dosa..
    gali dosa lagi ..


  5. // Reply

    saya juga pernah tuh imam+plus khotibnya pak amien. tapi dah dulu banget, sebelum beliau berkecimpung di dunia politik. kira2 saya masih SD. -> gak penting banget diceritain disini ya?
    *kabur aja deh*


  6. // Reply

    untung lebaran ini saya ga telat lagi datengnya 😀


  7. // Reply

    sholat ied kmren bahkan gw ampir telat..buset padahal setaun cm 2 kali ni pake telat pula gw datengnya


  8. // Reply

    wah saya dulu sempet naksir sama pak amin rais..ya ampunn pdhl saya dulu masih ABG..dasar ABG aneh saya dulu


  9. // Reply

    Dari dulu beliau gak berubah ya Le :)
    Dulu sih sering ngikutin ceramah beliau, entah tarawih atau Jumatan. Isi ceramah biasanya tentang kondisi Indonesia di mata beliau, jadi jangan berharap dapat ceramah agama yang ‘menyejukkan’ ala Quraish Shihab 😉

    Kalo kuliah juga isinya lain ama judul mata kuliah, tapi kayaknya dulu seneng banget dapet cerita hot elite politik ketika itu.


  10. // Reply

    Wah, tnyt ad ied bareng yak d GSP? Hehe, syukur alhmdulillah Amel jg bs ngikut ied Le d dpn pintu utara stasiun bandung, pdhl dah sempet bingung krn keretanya telat, tp alhmdulillah prtolongan Allah dtg, jd daku g telat ied:)


  11. // Reply

    Waduh..ibu2nya ngerusak makna cerita nih kayaknya. xD


  12. // Reply

    woooowww…coooll banget.
    aku dulu ngefans banged sama pak Amien. sampe ngefans sama anaknya juga..yang di UGM itu, padahal gak kenal..hehe.
    Selamat Hari Raya Iedul Adha!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *