Kenangan Alor NTT

,

Alor from WikiSudah tiga bulan saya meninggalkan Alor – NTT (bukan alornya Malay!!) dan kembali ke Jogja. Tadinya setelah saya kembali ke Jogja saya akan menulis semua eksplorasi saya selama di sana. Saya putuskan untuk menundanya. Mengetes kalau saya masih ingat semua tentang Alor. Ternyata memang kenangan Alor memang sulit dilupakan. Dan berikut sedikit cerita selama eksplorasi saya di Kabupaten Alor (pulau Alor, pulau Pantar dan beberapa pulau kecil seperti Ternate).

Alor, merupakan sebuah kabupaten paling timur di provinsi NTT. Untuk mencapainya dapat ditempuh melalui laut yakni menggunakan Kapal Sirimau yang mengelilingi Nusa Tenggara dan Ambon dari Jakarta, atau dapat menggunakan pesawat udara. Saya memilih jalur udara karena saat menuju Alor cuaca tidak memungkinkan untuk menggunakan kapal laut. Untuk landing di Bandara Mali Alor melalui Bandara El Tari Kupang dapat menggunakan pesawat jenis baling-baling ATR-42 dari maskapai TriganaAir 5x seminggu dengan tarif sekitar 400rb.

ATR-42

Ibukota Kabupaten Alor adalah Kalabahi. Pemilihan Kalabahi menjadi ibu kota karena daerah Kalabahi lebih luas datarannya daripada daerah lainnya. Dulu ibu kota Alor pada jaman belanda adalah Alor Kecil. Letaknya di dataran paling barat pulau Alor. Dulu di sana dijadikan pelabuhan, pusat ekonomi dan pusat pemerintahan. Tidak heran jika di daerah tersebut tersisa peninggalan-peninggalan seperti: Pantai Makassar, Kampung Bajo atau Tionghoa asli Alor.

Keadaan Alam
Kabupaten Alor berbentuk kepulauan. Dataran umumnya didominasi oleh bukit-bukit batu kapur. Bayangkan saja lepas dari pantai disambut dataran berjarak beberapa meter lalu disambut bukit yang menjulang. Tidak jauh berbeda dengan tanah Timor, pulau-pulau di Alor umumnya memiliki jenis tanah keras sedikit liat dan berwarna kemerahan, selain batu kapur tentunya. Ada sedikit joke dari warga asli Alor “Tuhan itu menciptakan Alor mungkin dari sisa-sisa tanah di dunia. Lihatlah, misalnya, Jawa yang subur dan Papua yang rimbun. Ketika menciptakan Alor, tanah tersebut sudah habis. Jadilah begini” Sedih juga,.. Gersang? Yah begitulah tetapi masih lebih baik daripada Timor. Udaranyapun lebih lembab. Parahnya musim hujan di Alor hanya dalam (maksimal) tiga bulan. Sehingga untuk bercocok tanam kurang berhasil. Hasil pertanian dan kebun utama dari Alor adalah Kenari, Kayu Putih, Asam Jawa, Cengkeh, Kemiri, dan Vanili. Itulah sebabnya Alor mendapat julukan Alor Nusa Kenari. Herannya, meskipun kemiri menjadi andalan Alor, tapi masyarakatnya jarang menggunakan bumbu masak ini sehari-hari.

Jangan harap dapat menemukan sayur dan buah yang melimpah. Selama saya di sana sayuran paling nikmat adalah sawi hijau (caisim)! Selin itu saya (terpaksa) makan daun pepaya, singkong dan si pahit daun kelor! Alamak! Bagaimana dengan sayuran yang lain seperti wortel, buncis, kacang polong, kentang dll? Yah ada tetapi sulit didapat dan harganya pun mahal.

Pun ketika saya berada di kecamatan tertinggi di atas permukaan laut Alor, yaitu kecamatan Alor Selatan, saya pikir saya akan menemukan begitu lebatnya hutan di sana. Begitu suburnya sayuran dan buah-buahan yang tumbuh. Ternyata tidak demikian. Lagi-lagi masalah tanah yang tidak cocok. Adapun perikanan air tawar juga tidak bisa dilakukan di semua wilayah dikarenakan air yang begitu sulit didapat. Jangankan untuk membuat kolam ikan, untuk mandipun di musim kemarau tidak dilakukan oleh penduduk. Sayapun membiasakan diri dengan mandi pakai tisu basah.

Dan beruntunglah desa-desa yang berada di pinggir pantai karena umumnya lebih gampang mendapatkan air bersih. Seperti di Kecamatan Alor Barat Daya, pantai yang didominasi oleh batu kali di pinggir pantainya ternyata berguna sebagai penyuling alami air laut. Dalam keadaaan darurat kehabisan air tawar, jarak dua meter saja dari bibir pantai kita bisa menggali bebatuan dan menemukan air tawar dari hasil aliran air laut. Dan sudah tawar tentunya. Subhanallah!

Transportasi Alor
Sebelum ke Alor, saya sempat diberitahu kalau mau bepergian ke Alor menggunakan panzer. Saya pikir panzer yang dimaksud adalah kendaraan tank perang dari TNI. Nyatanya yang dimaksud dengan panzer adalah kendaraan off road seperti Hard Top, yang bagian belakangnya dibongkar sehingga menyerupai bak. Kendaraan yang seyogyanya menampung 4-7 penumpang ini secara de facto mengangkut 23 orang yang dijejali di bagian belakang mobil dengan kondisi berdiri atau bergelantungan! Belum lagi ditambah oleh barang-barang yang memenuhi kap mobil dan bagian penumpang. Ini sungguh terjadi pada saya. Pengalaman super-duper-extreme menjelajah pegunungan.

panzerSaya bersama rombongan berjumlah 10 orang ditambah 5 personel TNI dan beberapa penumpang lain beserta hewan piaraannya sama-sama dijebloskan ke dalam tempat yang sempit berukuran sekitar 1.5×2m, Edan! Janji sopir panzer yang mengatakan cuma mengangkut 15 orang saja ternyata dusta. Tidak ada pilihan lain karena angkutan umum paling biadab ini terbatas dan tidak ada penggantinya dengan angkutan lain. Praktis mobilitas masyarakat sangat terbatas. Perekonomian juga kurang bergairah. Hasil bumi sulit dipasarkan ke kota. Barang dagang yang masuk ke desa-desa harganya menjulang tinggi.

Anugrah Alloh Untuk Alor
Meskipun keadaan alam yang berbukit-bukit, sampai-sampai untuk menuju ke suatu kecamatan dari kecamatan lain dibutuhan waktu tempuh sampai 7 jam, Alor memiliki keindahan alam yaitu laut! Dengan wilayah laut yang lebih banyak daripada daratan memiliki keuntungan tersendiri. Misalnya harga ikan sangat murah! 😀 Pernah teman membeli ikan segar dari hasil tangkapan nelayan. Karena sistem jual-beli di sini tidak menggunakan istilah ‘kiloan‘ dan mengenal istilah ‘tumpukan‘ maka teman berniat membeli ikan kembung dengan menggunakan istilah ‘nominal uang’ biar gak ribet. Kaget setengah mati, dengan uang 10rb dapet ikan kembung satu baskom besar, bisa untuk makan 15 orang selama dua hari, dengan sekali jadwal makan bisa ngembat 5-10 ekor ikan per orang. Itung aja sendiri berapa banyaknya!

beach

Selain bisa pesta makan ikan setiap saat, dengan laut yang indah bisa memberikan kegiatan-kegiatan yang lebih banyak maanfaatnya daripada mudharatnya hehehe… Misalnya bengong menatap sunset sambil berdecak kagum atas keindahan yang diberikan Alloh. Olahraga air seperti renang dan dayun pun jadi aktivitas rutin di pagi hari. Selain itu di Alor terdapat beberapa spot yang bagus untuk diving dan snorkelling seperti Pantai Makassar dan Pulau Keppa. Sayangnya selama disana saya gak kesampaian untuk melakukan olahraga itu karena padatnya acara, kemahalan harganya, sampai pas benar-benar niat mau diving malah gak diladeni petugas karena bule-bule oztrali sedang berkunjung ke Alor dalam rangka Sail Indonesia 2007.

Kurangnya Kreatifitas
Kira-kira seminggu sebelum meninggalkan Alor untuk melanjutkan perjalanan ke Kupang, di Alor terdapat hajatan besar untuk menyambut tamu-tamu dari Oz itu dengan tajuk Alor Expo. Sempat ragu karena daerah kecil itu apa bisa membuat hajatan besar selevel internasional? Ternyata yah memang sedikit dipaksakan.

pakaian adat alorMenginjakkan kaki di Kalabahi melalui pelabuhannya mungkin sudah sedikit terjawab. Dermaga yang kecil, kurang fasilitas dan sedikit kumuh jadi ucapan selamat datang buat bule2 Oz. Rangkaian acara Alor Expo yang menampilkan kreatifitas warga juga maksa banget. Tahun ini Alor Expo mengambil tema tentang bambu. Bambu dengan kualitas baik ternyata tidak mudah dijumpai di semua penjuru Alor. Hanya kecamatan Alor Selatan saja yang melimpah akan bambu. Nah tiap kecamatan dipaksa untuk menampilkan kreatifitasnya dari bambu untuk di pamerkan di stan per kecamatan, selain kreatifitas atau hasil unggulan kecamatan seperti kain tenun atau makanan olahan. Bayangkan saja frame poto tidak layak jual yang terbuat dari bambu furnish seadanya dijual setara dengan sebuah selendang tenun dengan kualitas “bagus banget” yaitu 100rb aja!

Kurangnya pengetahuan kerajianan tangan. Kurangnya pembinaan masyarakat. Begitulah mungkin penyebabnya. Dan ternyata di kabupaten ini tidak terdapat gallery atau koperasi pengrajin. Dulu setelah gempa 2004 di Alor, Ibu Any Yudhoyono pernah merintis sebuah koperasi pengrajin kain tenun. Tetapi saat ini tidak berkembang. Entah mengapa. Padahal kualitas tenun sudah cukup baik.
Sosial dan Budaya
Orang Alor semuanya baik-baik meskipun bertampang sangar-sangar, gak cewek maupun cowok. Murah senyum dan polos! Dominasi penduduk beragama Kristen. Katholik dan Islam merupakan agama kedua terbanyak yang dianut di Alor. Tetapi hidup meskipun berbeda agama dapat hidup berdampingan dengan rukun. Bisa demikian karena mereka menganggap satu rumpun. Apalagi pada saat jaman PKI, orang Alor banyak yang belum beragama, dan karena takutnya operasi PKI, maka banyak yang memilih agama masing-masing. Ada yang memilih Kristen, Khatolik dan Islam. Satu keluarga bisa berbeda-beda keyakinan. Tetapi hebatnya sekali lagi hidup dengan rukun, berbeda dengan daerah-daerah lainnya di NTT yang terkadang rusuh karena dipucu oleh masalah agama.

Saking rukunnya toleransi antar umat beragama sesuai Pancasila dapat ditemukan disini. Misalnya saat pembangunan masjid, yang ikut bergotong royong tidak hanya muslim tetapi nasrani pun ikut membantu. Begitu juga misalnya ada slametan di gereja, muslimpun diundang. Perayaan lebaran, yang jadi tukang masak biasanya para tetangga nasrani. Sebaliknya demikian untuk perayaan natal. heran kan? Terlalu bertoleransi yah?
Mungkin benar! Tapi lagi-lagi saya terherman-herman saat adanya pesta syukuran kecamatan. Orang Alor memang doyan pesta. Begitu juga ketika saya mau meninggalkan kecamatan Alor Selatan untuk eksplorasi ke kecamatan berikutnya, maka si Ibu Camat memutuskan untuk bikin pesta. Karena di kecamatan itu didominasi nasrani maka santapan utama adalah babi! Alhamdulillah mereka mengerti kalau babi diharamkan bagi saya. Mereka tahu, karena mereka belajar dari muslim. Untuk menghormati saya dan teman-teman muslim lain maka mereka menyerahkan 3 ekor ayam untuk dimasak. Masih hidup?? Yah masih, karena mereka tahu untuk menyembelih dibutuhkan ucapan pengantar kematian bagia ayam ‘bismillahirrohmanirrohiim‘ dan mesti menghadap kiblat. Mereka pun tahu kalau memasak babi tidak boleh dalam satu wajan. Maka proses memasak ayampun terpisah. Bagaimana dengan peralatan dan penyajiannya? Yang ingin menyantap babi ternyata diberikan ruangan tersendiri. Piringpun dari rotan beralaskan kertas plastik. Sehingga najispun tidak menodai piring.

ksatria perang

Selama disana juga saya mempelajari adab, kebiasaan orang Alor. Untuk masalah makan, biasanya hanya terjadi dua kali sehari: siang dan malam. Pagi hari tidak ada makan pagi, cuma minum teh/kopi dan makan camilan. Makanpun harus bersama-sama setelah semua siap. Nambah beberapa piring justru dianjurkan, karena semakin banyak kita makan si koki semakin senang. Tidak boleh meletakkan piring ke meja dari pangkuan selama masih ada yang makan, karena dianggap tidak menghormati napsu orang yang sedang makan, jadi mesti disiasati lama mengunyah makanan. Untuk minum biasanya setelah semua meletakkan piring kita boleh meneguk air.

Satu hal yang menarik,.. selama saya di Alor saya merasa Bahasa Indonesia sungguh-sungguh benar-benar diterapkan sebagai bahasa persatuan. Dengan bahasa daerah yang mencapai lebih dari 15 jenis, sampai-sampai satu desa bisa memiliki 3 bahasa daerah yang sangat amat jauh berbeda diantaranya, praktis dibutuhkan suatu bahasa agar dapat saling berkomunikasi. Yah itulah bahasa Indonesia! Semua bisa berbahasa Indonesia. Tidak tua maupun muda, yang sekolah ataupun tidak pernah sekolah. Bandingkan ketika kita berkunjung ke tanah Jawa (tengah dan timur), orang-orang tua kebanyakan tidak bisa berbahasa Indonesia. Pergi kemana-mana bahasa sehari-hari menggunakan bahasa Jawa.

MokoAda juga tradisi yang rada nyeleneh. Yaitu tradisi pemberian mahar kepada calon mempelai wanita. Kalau di beberapa daerah di NTT lainnya, mahar berupa babi hutan. Kalau di Alor mahar adalah Moko. Moko merupakan nekara perunggu berbentuk menyerupai tabung gendang, yang diseluruh permukaannya terdapat relief ukiran zaman prasejarah. Masyarakat percaya kalau moko didapat secara gaib, yaitu muncul kepermukaan dari tanah terpendam. Dulu digunakan oleh prajurit dalam berperang, yaitu ditabuh sebagai penyemangat perang. Seiring waktu Moko dijadikan sebagai mahar. Kalau diuangkan sebuah Moko yang cuma segitu kecilnya dan tidak begitu banyak manfaatnya malah bernilai jutaan, 5jt tepatnya! Gimana kalau keluarga mempelai pria gak punya Moko? Yah mesti pinjam dari tetua yang punya karena untuk mendapatkan Moko itu tidak mudah. Istilah pinjam disini bukan gratis, tetap saja bayar jutaan. Ada juga sih yang imitasian, bisa terbuat dari bambu, kayu, maupun perunggu juga tapi kualitasnya tidak sebagus dari jaman peninggalan. Seiring waktu juga mahar menggunakan Moko sudah agak jarang digunakan, terlebih bagi keluarga muslim. Biasanya yah digantikan dengan mahar uang ataupun seperangkat alat shalat. Bagimanapun juga ini adalah budaya kita. Budaya Indonesia!

Unik,.. begitulah keanekaragaman budaya kita. Saya bersyukur bisa berjelajah ke Alor. Menambah pengetahuan dan kecintaan saya kepada Indonesia. Foto-foto yang menarik bisa dilihat di flickr saya.

214 Comments


    1. // Reply

      sy bordju dari alor n skrg lg di malang.klw brcrta mslah pengalaman tlg yang lbh jls mslkan nama tempat kecmtannya.gak semua orang make trnsport daratnya panser.sy sgt tersinggung dengan ap yg anda crtkan


      1. // Reply

        makanya PULANG dan BANGUN KAMPUNG HALAMAN jangan bangga tinggal di kampung orang.tahu.., Malu orang lihat kampung elu kaya gitu, makanya BANGKIT jangan tidur aja.


  1. // Reply

    wah.. NTT!! one of my wishes destinations..

    kapan saya bisa ke sana, ya?


    1. // Reply

      kapan aja asal, disitu ada duit ga. emang di alor sangat menarik, walaupun gua bukan orang alor tapi gua bangga akan kebersamaan, toleransi yang di bangun.


      1. // Reply

        emng kok alor itu paling indah,,,,,


  2. // Reply

    Alle, belum ada cewek sana yang minta kamu tanggung jawab kan?
    😆 artinya aman kalo gitu …


    1. // Reply

      emng nya cwe G BENAR APA
      ????
      w
      aws!!!! hehehehe Pizzz ahh


  3. // Reply

    hmmm, ternyata Alle ini brosur berjalan, buat promosi daerah! *digampar alle*
    Eh, ada tiket kesana ga?


    1. // Reply

      boleh gue baiaya..in kalau you-you mau ke sana !


      1. // Reply

        lebaiiiiiiiiiiiiiiiiii……..kwkwwwwwkkkkkkkkkkkkkkkk


  4. // Reply

    yang naik sampan itu kayanya seru banget…

    hmm, Alor ya ?? klo daerah itu di jawa mungkin udah ada daerah pasangannya namanya Akidul. ihihhiii…


  5. // Reply

    ah … indah juga kok mas, meskipun kata sampean gersang
    dari skrinsut itu bikin ngiri


  6. // Reply

    wah… abis dari alor toh? tempat saya bersebelahan sama alor loh……..

    @Zam : mo ke NTT? kapan? ayo berangkat…………………

    gimana klo bikin acara touring blogger jogja? tujuan : NTT.


  7. // Reply

    wasik bener neh kotanya ….. jadi pengen mo hunting disono neh …. kapaan yaaa ????


    1. // Reply

      wow, kpan aja boleh…U mau kesana ma aq aja, aq asli orang AloR..hehehe..


    2. // Reply

      waduh klo bicara tentang Alor, kayenya mantap aje deh.soalnya diliha dari panorama-2 yang ada di pulau alor sangat indah.
      saya asli alor-pantar
      saya bercita-2 mengajar komputer di alor, sekarang saya sedang bertugas guru komputer di jakarta sekolah SMK SISI TEBET.

      klo mau boleh aje neng kite ke alor.


      1. // Reply

        ayo ke kite ke alor aje bangunin alor.
        kasihan daerah kite jadi ketingggalan.


  8. // Reply

    Liat footnya belakangan sekarang mau koment dulu setelah baca… pengalamn yang menarik sekali. Cuma saya lihat2 kok gak ada tulisan tentang wanita2 di sana yaa.. padahal itu juga yang menarik kan .. apa sengaja tidak dipublish hehehe :)


    1. // Reply

      hahaha….wanita alor sangat luar biasa makanya jarang dipublikasikan. takut di ambil orang semuanya!!!!


  9. // Reply

    saya pernah beli barang tribal dari sana…beHHHH..mahal2…tapi emang bagus2 kok..!!!


  10. // Reply

    [sekalian nanggepinnya,.. maklum lagi pakir benwit :P]

    @caplang
    darat? mana bisa,.. liat petanya donk 😀
    tapi jgn khawatir,.. selama disana masih bisa touring koq,.. menjelajahi gunung2 hehehe…

    @zam
    saya juga,.. kapan bisa kesana lagi yah!
    to mantan bos,.. kirim saya ke sana lagi donk!

    @anto
    iyah,. santai aja..
    soale jrg yg tau internetan

    @annots
    cuma doyan mendokumentasikan sesuatu aja koq,..
    tiket kesana mahal,.. nyari sponsor ajah

    @almas
    lha kamu dimana?
    di ambon ato aceh? ato malah sekarang di Alor? 😀

    @qzink&syafriadi
    wajib!
    pa lagi buat olahraga aer

    @niez
    garing lu! hehehe…

    @peyek
    asli panasnya menyengat,.. tapi koq saya demen yah berlama2 terbakar matahari demi naek sampan ato sekedar berenang

    @tante
    yah pasti seru lah,..
    bisa buat maen2 sampan ato berenang,.. masih jernih. Tapi jarang yg berpasir putih, rata2 berbatu kali

    @PeTeeR
    lho mas,.. kamu tuh aslinya mana tho? Lembata? Sikka? ato ende? klo ende saya mau banget tuh ke sana hehehe…

    @[H]Yudee
    sayangnya saya ke sana bermodal camdig katrok yg baterenya pun kadang soak, jadinya gak begitu banyak dapet yg bagus2 buat jepret2

    @amel
    kapan2 mel,.. sapa tau kan kamu klo dah lulus jadi PNS disana hehehe…

    @aLe
    kapan-kapan,.. 😀

    @Kurt
    klo kata org2 security internet,.. kehidupan pribadi yg bisa mengakibatkan sesuatu yg buruk di kemudian hari lebih baik jgn di-share hehehe…

    @mas-pepeng
    herannya benda2 peninggalan leluhur mereka jual demi kebutuhan sehari2 yg emang udah sulit,.. makan aja sulit,.. dapet aer bersih aja sulit,.. jadinya yah semua dijual

    @nico
    mereka mengamalkan Pancasila dg sepenuh hati 😛


  11. // Reply

    yupzzzz… emang kita bisa berbangga menjadi orang indonesia

    weeeewww, keren2 …

    kpan2 kita [anak2 eks.2007] ke pantai yu’…


    1. // Reply

      duh q ud pngen ke pantai alor nehh…yah kebanggaan mnjd mlk qt brsama…….,,,,,,,,,salam knal yah……………..how about u n where are u?????????????????????


  12. // Reply

    meskipun Alor itu mungkin dari sisa-sisa tanah di dunia tapi, keindahan alam bawah lautnya be…. mungkin masuk DPO tingkat tinggi alias Daftar Penyelaman Orang asing tingkat tinggi, kamu sich g’ liat “bawahnya” pasti kesengsem. Alor Boys


  13. // Reply

    woe majukan wisata alor awas hutan kita harus dijaga juga hewan-hewan langkanya,,,.. suatu waktu kalau gue pulang pasti gue mau ketumuin teman lama gue ok coz


  14. // Reply

    gw dalam waktu dekat akan ke alor, kira2 apa yg harus dipersiapkan terutama perubahan cuaca..


  15. // Reply

    asyk bner?? thanks yooo dah mo bilang yang bagus2 ttng alor..


  16. // Reply

    wah……kayaknya di alor gak se-seram yang gue bayangkan. coz loe tau gak lle! gue kedapetan penempatan kerja di pulau itu, sebagai pengamat Gempa Bumi, saat ini gue belum berangkat sih. yang gue khawatirin masalah ibadah, apa komunitas muslim di sana cukup banyak ? dan mungkin gue bakalan tahunan domisili disana. menurut loe di alor merupakan living place yang nge-betahin gak untuk orang Jakarta kayak gue yamg mungkin udah terlalu sering dimanjain dengan fasilitas ala metropolis ? plizzz e-mail gue! or answer my question coz right now I am in rush condition. thanks before and after


  17. // Reply

    Alor memang sangat indah dan orangnya juga sangat ramah-ramah. Saya bangga karena di Indonesia banyak tempat-tempat indah seperti daerah Alor ini. Saya juga sering berkunjung ke daerah ini. Saya mengharapkan agar Alor dapat maju di tahun yang mendatang. ” Taramiti Tominuku “


  18. // Reply

    sUmpaH keRen bgt daeRah aLoR …
    gue aja udah bolak-balik ke daerah sana,
    coZ nyoKap guE ketuRunan sana …
    dUnia bawah Laut nya, ga kaLah sama dUtcH Land ..
    gue siH saLam aja buat oRang” yang ada di puLau pantaR, maiwaL, buKapiting, MoRu, nd sMua daerah yang bLoM ksebut …
    Pokok na w ga nyesel deh kesana …
    Cuma, berangkat kesana kluw naiK Sirimau bisa dipercepat ga ??? Masa gue harus dikapal sLama 5 hari sih . udaH maboK duluan gue . kLu naik pesawat, di aLor bikinin bandara sendiri dong, yang kecil aja juga ga pha”. masa kluw naik pesawat gue harus turun di Kupang dulu sih baru nyebrang lagi ke sana. Tapi ayo dong, smua naq” muda yang ada di RRI kesana aja ..
    dijamiin ga nyesel …
    Oh iya, gue titp salam dong buat Pak Ir. Ans Takalapeta & Bu Dina Takalapeta …
    ” good LucK “


  19. // Reply

    hey sahabat muda alor kalau loe punya acara yang keren abisss dari alor kirim aaja ke email gue… pasti deh gue muatin nanti di majalah KINGDOM, n’ jangan lupa baca majalah KIngdom sudah ada kok di KUpang. gue lagi cari agen untuk pulau alor… neh salam buat teman2 smp Jibarael angkatan 1993-1994 dan SMAN kalabahi 1997, gue kangen kalian semua juga teman SD gue angkatan…1991 kapan kita reuni neh… salam buat Aris Cung, Daud Maiateng and Donny Mooy Sukses buat kalian semua. GBU


  20. // Reply

    Hue… aku mau juga ke alor, siapa kira” yang mau bayarin ya..
    sekarang udah di ujung Inodnesia, di tanah rencong ni. kapan ya bisa ke alor ato ke pulau papua, laut dibawah kepala pulau papua itu banyak ikannya. Tertarik pengin mancing ikan 50 KG je…
    Bangga deh punya alam Indonesia, aku cinta kalo yang ini. kalo govermentnya…..Oh, amburadul..kayaknya emang ga bisa maju neh negara ini.


  21. // Reply

    Wah untung g pake Sirimau, coz 5 hari nyampenya. parah banget ituh kapal. Aihh senang nya udah nyampe ke Alor, aquw pengen travelling keliling indonesia, cmn lagi kumpul duitnya dulu. Eh…katanya emang orang Alor itu sangar2 n bahkan ilmu2nya serem yah??? cuman mau tahu ajah. soale byk temen cerita kayak gitu, di ibukota NTT (kupang) aja katanya yg paling sangar di kupang anak2 Kampar (kampung alor)


  22. // Reply

    hi, saya ennie. saya orang Alor asli… buat teman-teman yang takut ke Alor, kayaknya ga segitu parah deh orang Alor di mata kalian. biasalah… tak kenal maka tak sayang… gini aja prinsipnya, selama kita baek dan menghargai orang lain, kita juga bakal dihargai oleh orang laen, so ga perlu lah berpikir se”jahat” itu… lagian kalo kita uda dibekali iman yang kuat, Insya Allah ilmu-ilmu yang “nyeremin” itu jauh dari kita… Orang Alor emang kalo ngomong kenceng, tapi bukan berarti dia marah… emang uda dari sononya gitu… dimaklumi aja…

    kalo informasi, how to get there, by plane n ship bisa dari Kupang. kalo seingatku sih uda ada juga TransNusa dari Surabaya lanjut ke Alor… so guyz you can choose one of them…tergantung dompet aja! mo cepet n ada doku lebih by plane, tapi yang murah tapi butuh semalam buat nyampenya, its ok by ship or ferry. don’t worry, you can get bonus in your travelling by ship “pemandangan pagi hari di laut Alor” itu hal pertama paling indah yang bakal lu semua dapetin.. yah semacam welcome package gitu deh…

    buat teman-teman muslim, don’t be afraid to be being there coz disana banyak kaum muslim, sampe di pelosokpun ada masjid koq. disana Ada AlQuran dari kulit kayu berumur ratusan tahun yang masih bisa dibaca sampe sekarang. semoga aja lu beruntung bisa dapet kesempatan itu.

    kalo ngomong pantai, kita ga kalah koq sama Bali n Lombok cuma kurangnya kita di fasilitasnya aja, so you just can spend your time there naturally on the beach while drinking the coconut’s water… kalo mo makan ikan yang banyak, jangan khawatir! Meski dompet tipis, tapi lu bisa dapat ikan seember… kalo udah gitu selanjutnya terserah anda…

    so, kalo mo kesana prepare yourself mulai dari sekarang terutama urusan dompet! See Ya!


  23. // Reply

    Buat loe” pada yang merasa pmuda – pmudi aLor atau pranakan alor, Hari minggu tgl 30 maret 2008 datang yaaaa ke Gereja Gloria yang ada di dlm Buperta Cibubur .
    Karena kita mau ngadain Paskah pmuda/i alor …
    jamnya : 09.00 WIB .
    Wajib datang …
    acaranya dijamin seru banget deh …

    ^ Stephani ^


    1. // Reply

      Slam kenal mba…. Sy pertama kali ke Alor thn 1994 dan sudah naik psw udara dr Qpang -Alor PP…sori yah, ksh info aja nih… mau koreksi aja bahwa di Alor sdh ada bandara namanya Mali, skitar 17 km dr kota Kalabahi, nama kepala Bandaranya saat ini Bpk. Mesak Talila, tks & cu


  24. // Reply

    g sebagai orang alor asli (coz bokap n nyokap g keturunan asli pantar barat) merasa bangga sekali dengan alor pokok e lo ga bakalan nyesel deh dateng ke sana. pokoknya di jamin lo ga bakal puas hanya pergi ke sana


  25. // Reply

    alooowww …
    guw cuma mw titip salam aja buat saudara” guw yang adaa di aloR ..
    > Bapa besar Hotmi Bukang & Kel …
    > Bapa besar Christian Brigmar & Kel …
    > Om Adrianus Unang …
    > Bapa besar Ulis Duka & Kel …
    > Opa Manase Mabilaka & Kel …
    > Om Ermi Duka …
    > Tante Nur Manikita & Kel … serta teman” tari …
    dan semua Keluarga yang ada disanaaa …
    Kalau main ke Jakarta , jangan lupa main ke rumah Mama Mabilaka ( Manggarai ) yaaaaa ….


    1. // Reply

      kak.. bole taw kk di jkrta mna???.. sya jga ank alor.. saya di jkrta tmur.. jl.cndet dpn BLK


  26. // Reply

    Wihhhhhh….kerennnnn……Mas Alle Bikin ngiri aja nich ^^. Jujur, udah lama banged saya cinta sama NTT. pengen liat pohon lontar di habitat aslinya…hehehe. berhubung dananya terbatas jadi saya bagi2 deh tujuannya…maaf jadinya NTT belum kesampaian (musti spend more money nech…)….tapi saya percaya, someday, saya akan sampai ke NTT koq, jelajah Flores, Alor, Lomblen. Nyebrang ke Sumba, trus lanjut Timor dan Rote (Mau foto foto Pohon Lontar yang cantik ^^)

    anyway, bahasannya oke banget punya nich! jadi tambah semangat pengen kesana! Mas Alle dalam rangka apa nich kesananya? duh, *ngarep ada yang ngasih tiket tiba2*…nabung dech biar bisa kesana…

    Alor, Here I Come…..=D


  27. // Reply

    huuuh… desember 2007 liburan ke tamalabang mau mancing ikan sepuasnya malah banyak nyelesain masalah jadi liburan tidak bisa dinikmati … cape deh …!!!…. alor selalu dalam hati ku !!!!.. weekkkk .. bebek ….!!!

    orang alor harus maju yah !!.. jangan yang nakalnya doank, suka ribut sana sini … !!!. oke !!!…


    1. // Reply

      maaf yah, coba deh main ke alor, kata teman gue orang alor gagak nakal buktinya disini teman gua orang alor pada bae-bae. ada yang dari pulau buaya, tereweng,baranusa. beangonong, kangge. (benar ga yah ada kampung yang disebutin itu jangan sampai bohong ??)


  28. // Reply

    makax kalau penelitian dsbgx jgn ke apui dll yg hrz menggunakan panzer tp ke pulau pura,pntr dll yg dkt dgn laun sy jg asli alor makax tau.


  29. // Reply

    Saya, keturunan Alor . Fam Papa saya OILADANG dari Kalabahi.
    Mama saya dari Surabaya.
    Saya lahir di Nganjuk. Besar di Semarang. Lokasi saya sekarang di Batam. Tapi saya belom pernah sama sekali ke Alor.
    Saya pernah ke Pulau Komodo , Pulau Rinca , Desert Island dan Labuan Bajo – Flores.

    Ternyata , kampung halaman papa saya sangat indah.
    Saya ingin kesana , hadiah honey moon saja mungkin .. :)

    Terimakasih untuk tulisan tentang ALOR ..
    Semua orang asing yang saya temui di kantor dimana saya bekerja , selalu bilang kalau ALOR has got the most beautiful beach & sea in Indonesia.


  30. // Reply

    iiii,,,alle beta pu bapa juga dari alor ee..lama betul beta sonde pulang,,thn 83 beta pi sana,,jadi so lama mati punya,,semoga pulau alor makin indah,,aman,,makmur,,,hidup alor!


  31. // Reply

    salam buat masyarakat alor dijakarta…kita semua bersaudara jadi kita semua harus rukun…n_…buat bapak boling dan mama adol semoga diberkati tuhan yesus..amin.alor the best!!!!!!!!!!!


  32. // Reply

    sabda alam menyerukan…bahwa alam indonesia itu penuh dengan beragam macam keindahan dan kesucian,namun dimanakah bisa kita dapatkan semua itu?????alor,pulau kecil namun menyimpan segala macam keindahan dan karunia atas segala macam keindahan aku putra alor dan aku mengakui semua karunia itu.THANKS FOR GOD yang telah membuat tanah kelahiranku indah dan dikagumi banyak orang.hanya ada satu yang kurang,peran penting pemerintah pusat dalam memperhatikan kekayaan pulau di indonesia seperti alor.sadarlah wahai pemerintah…perhatikan rakyatmu ditempat2 terpencil.ttd;SAMUEL BOLING


  33. // Reply

    saya barusan pulang dari alor. tidak sampai seminggu di sana, cuma lima hari.
    tepatnya dari desa takpala, untuk belajar arsitektur tradisional di situ, karena desa ini belum banyak dikenal oleh para peneliti arsitektur.
    masyarakat dengan jumlah bahasa yang sedemikian banyak ini memang membuat bahasa indonesia jadi sangat berarti sebagai bahasa pemersatu.
    saya setuju hal itu. itulah yang memudahkan saya berkomunikasi dengan berbagai sub etnik alor di sana.
    selain, mengunyah sirih-pinang dan minum sopi!
    he..he..
    saya merasa senang berada di tengah-tengah mereka!
    salam hangat, ‘tahit anamang!’


  34. // Reply

    sebenarnya masih banyak alam alor yg belum terexpose alam bawa laut, alor kecil dan marataing, makan ikan bakar plus jagung bose di pantai maimol dan maih banyak tempat2 indah, seharusnya pemda dan swasta dapat mengadakan kerja sama dalam membangun alor dimasa depan yang lebih indah dan cerah lagi.Salam buat Bung Ans Takalapeta dan teman2 di Kab. Alor, maju terus promo pariwisata Alor dengan segala kekayaan alamanya.salam dari bumi lancang kuning, Riau.


    1. // Reply

      salam kenal alorina.
      klo boleh tau , alornya mana n di man sekarang.

      REGARDS
      HIDAYAT KAY
      Email/YM:hidayat@gns-logistics.com;dayatkay@yahoo.com
      FB : HIDAYAT KAY.
      Phn:021-44820515-ext 107
      mobile: 081385628171


  35. // Reply

    Saya adalah keturunan asli Alor.
    Papa saya asli Hombol Kalabahi sedang Mama saya
    dari Otvai.Saya lahir,besar dan hidup di Denpasar – Bali
    Sampai hari ini hanya saya saja yang belum sempat berkujung
    ke Alor.Ke tiga adik saya sudah sering ‘MUDIK’ ke Alor.
    Dari cerita mereka ,sungguh membuat hati dan pikiran saya
    semakin menggebu untuk segera beranjang sana ke ‘ARABAH’
    (‘Kampung’= bahasa daerah ).Karena kesibukan ,dan waktu yang membuat saya sulit untuk bisa meluangkan waktu agar bisa mengunjungi Alor .
    Kerinduan untuk bertemu sodara, kakak,Om, Tante, Nenek, Ba’i,ponakan2 dong semakin bertambah tatkala ,cerita2 tentang Alor terdengar di telinga.

    Terima kasih buat ‘kaka dorang’
    yang sudah memuat tulisan tentang Alor

    Alor memang INDAH…


    1. // Reply

      salam kenal K’omi la’a…
      beta juga asli alor,tinggal di hombol ju……..
      sekarang da kuliah disurabaya…….
      kk tidak pernah pi alor???
      harusnya k pi baru bisa tahu kampung halamannya…
      tolang dibalas……..^_^


  36. // Reply

    alor…..

    I miss u…..

    kPan y kbsa kalor lage….
    I miss u very much….
    tnaH kelairan Quw….

    ALOR MEMANG INDAH


  37. // Reply

    alor memang indah …..damai,,,,,dan tentram…..coz gue asli orang alor bro


  38. // Reply

    Emmh, saya juga pernah ke Alor walaupun cuma 3 hari, waktu ada kerjaan masang VSAT untuk polres kalabahi, sekitar tahun 2004. yang saya ingat memang daerahnya indah bgt , saya dari kupang naik pesawat kecil yang isi 20 penumpang, karena takut sama laut hehehe.

    Dari bandara alor ke kota kalabahi kita di sambut sama pantai dan barisan pohon nyiur.

    orang sana memang umumnya baik2, ramah…


  39. // Reply

    kmren wktu gw jlan-jlan ke Alor trxta Alor kren jga lho cma di Alor pnas bnget………..yg pling kren tuch pmndngan pantaiX…proficiat dh bwt kmu………


  40. // Reply

    aQ kangen ma pulau alor

    kpan Q kembali ktanah klairan Q lagi y….


  41. // Reply

    i think about alor ..

    ” IT’S PERFECT “


  42. // Reply

    ALOR INDAH BANGET….

    Quw, lahir n’ tinggal di sana slama 11 tahun…

    Keadaan alor skarang gimana yah…????
    khusunya ditempat tinggal quw “kadelang”.

    gimana perkembangan kota kalabahi….
    maybe stadionnya, taman dekat stadion, pelabuhan dll…


    1. // Reply

      hai alorisa…….
      salam kenal..aku juga asli alor lahir dan besar dialor sekarng lagi merantau mencari ilmu…hehe
      sekrang kamu dimana???????
      dan kenapa tidak ke alor lagi??????????


  43. // Reply

    fani,kemarin waktu kumpul ditmpt manggarai knp gak ngasih no.hp ke gw?wktu ada acara 40 hari opa boling?kayanya situs alor ni jarang ada yang buka tuh…knp?

    THINK ABOUT ALOR….POSITIF AND NATURALIES

    FAN,DONT MISS IT … CALL ME .. AND I CALL YOU BACK


  44. // Reply

    Aq kangen banget sma ALOR . . Tahun 2007 kemarin sempat pulang seh . . , tapi gak bisa lama – lama disana.Waktu 2 minggu rasanya belum cukup untuk ngobatin rindu ku sama teman-teman n keluarga ku disana. Buat Alorisa salam kenal yach buat kamu . .


  45. // Reply

    Haiiiiii semuanya….
    Lam kenal yach…
    saya juga anak Alor tapi baru beberapa kali ke Alor.
    Kalau mau bicara tentang Alor ga’ bakalan habis-habisnya. Pokoknya Keren banget.


  46. // Reply

    alor di kenal dengan panorama alam yg sangat indah.
    terutama dalam lautnya.lebih lengkapnya tentang alor,silahkan lihat di FB saya “hidayat kay”or di page saya kampung academia NTT.

    my regards
    hidayat kay


  47. // Reply

    salam kenal tuk semua teman2 dari alor.
    saya hidayat putra alor yg merantau di jakarta.

    sudah 11 thn di jakarta n udah 2x pulang ke alor.
    emang alor is the best.
    regards


  48. // Reply

    Alor memang indah. saat ini pembangunan di Alor sangat luar biasa. I Love U Alor. TUHAN memberkati


  49. // Reply

    ….ketika membaca tuLisan dan komen2 yang sangat banyak ini aku hanya bisa berucap..’Subhanallah’..sungguh benar begitu kah adanya pulau alor yang insyaAllah dalam waktu dekat ini aku akan di’boyong’sama calon suamiku kesana…

    selama ini aku selalu bertanya-tanya gimana jadinya seandainya aku benar-benar pergi kesana tanpa sanak saudara yang aku kenal..karena emang aku asli Jawa tulen, bahkan famili pun semua ‘numpuk blek’ di jawa semua…gimana jika aku menginjakkan kaki dipulau yang sangat inndah itu? segala pertanyaan dan kerisauan muncul…betah gak ya aku disana???

    tapi setelah membaca blog dan komen2 yang ada disini keisauan dan kegamanganku untuk pergi kesana hilang sudah…semua nya terjawab disini,….hopefuLLy it’s the truth…thus, i’ll be comfort living there…amin

    thanks a bunch buat mz aLLe….


    1. // Reply

      DARI MARGA KU, AKU JUGA ORANG ALOR” ( SO PASTI) 2 TAHUN YANG LALU, AKU PULANG KAMPUNG, TERNYATA ALOR SEKARANG CUKUP BANYAK PERUBAHAN TAPI” KENAKALAN REMAJA DISANA CUKUP MENGEWATIRKAN SEKALI MELEBIHI KOTA BATAM, PADAHAL ALOR CUMA KOTA KECIL, SATU LAGI: ALOR SEKARANG SUSAH AIR BERSIH, KALO MAU NAMPUNG AIR TUNGGU JAM O2 AM.JADI BAGI BUDAK (ANAK2) ALOR YANG MAU PULKAM, JANGAN LUPA BAWA AIR !!!!!!. BATAM


    2. // Reply

      jadi????skarang uda di alor?gimana rasanya??betah ga?


    3. // Reply

      alor emank asyik dri alam smpai pda orangnya,,makanya knapa disebut dengan alor???mau tau kepanjanganya alor gk??ne aq ksi tau alor itu..”alamnya lestari orangnya ramah…he he he ….


  50. // Reply

    wkwkwk… masa susah air nya… kan banyak perigi alias sumur…
    info baru neh gan.. ntar ane kroscek ama tmn2 ane d ALOr.. setau ane… sana g perna yg namanya kekurangan air…
    d ALOR ada museum MOKO terbesar d dunia^_^..
    saya lahir… besar di ALOR tercinta sampe 18 taon^_^
    i miss Alor so much…
    slama ini g bisa pulang karen kerusuhan….
    kaka2 dong d Alor tolong jaga Alor baek2 yah … Buat alor aman… biar an


  51. // Reply

    wkwkwk… masa susah air nya… kan banyak perigi alias sumur…
    info baru neh gan.. ntar ane kroscek ama tmn2 ane d ALOr.. setau ane… sana g perna yg namanya kekurangan air…
    d ALOR ada museum MOKO terbesar d dunia^_^..
    saya lahir… besar di ALOR tercinta sampe 18 taon^_^
    i miss Alor so much…
    slama ini g bisa pulang karen kerusuhan….
    kaka2 dong d Alor tolong jaga Alor baek2 yah … Buat alor aman… biar ane bisa pulang kampoang tercinta….
    lop Alor Pull


    1. // Reply

      btw,,ente d alor mna???ane jg aslinya dri alor n ane ting2lnya di kdelang city n skrg ane lg di malang city


      1. // Reply

        oon kadelang 2 bukan kota ngaur aja


  52. // Reply

    memang yang namanya Alor jangan tanya,tanya ja yang uda perna ke alor,woooow???aQ asli alor sih?wolwal Camp.


  53. // Reply

    Bang robet btw Batam di mana?aQ di batam centere gereja di Gemit yok?di simpang frengki


  54. // Reply

    gi mna kpan mo ke sana ya..! w lahir di sana dan wkt thn 2007 w pulkam ternyata di kmpng blm ada perubahan msh asli kaya dulu, skrg pengen pulkam tapi danay blm cukp.


  55. // Reply

    kpan2 ada yg mau ke AloR ga..? klo mau ke sana ajak2 ya biar rame2 kesana hehehe…w dah 15 thn di jkrta bru pulkam sekali jdi pengen kesana lagi.


  56. // Reply

    sy bordju dari alor n skrg lg di malang.klw brcrta mslah pengalaman tlg yang lbh jls mslkan nama tempat kecmtannya.gak semua orang make trnsport daratnya panser.sy sgt tersinggung dengan ap yg anda crtkan,thnks bngt n mf klw agk dkit ksar


  57. // Reply

    Alor memang indah,anugerah Tuhan yang luar biasa…saya asli alor pernah merantau ke tanah jawa dan sekarang tinggal dikota kupang,saya menyesal baru sekali ke alor karena ternyata alor itu sangat indah,saya berencana akan ke sana lagi….


  58. // Reply

    fan,mana no hp km????kok gak ada c??aku ganti simpati 081381934284


  59. // Reply

    haii.. kota alor memang indah,, dari dulu sampai sekarang tetap indah karena kota alor sangat disayang Tuhan.. pengen cepat-cepat pulang alor nee… I love you full Alor citty…


  60. // Reply

    Kalau mau maen ke alor,, bisa hubungi saya ko…!! hehehe,, kebetulan asli alor yang masi di tanah rantauan.. Pemuda/i Alor,, jaga $ lestarikan terus kota alor.. karena dari situ kita bisa melihat keindahan alor dari jauh.. I love full Alor citty.


    1. // Reply

      setuju sekaliiiiiiiiiiiiiii
      kita sebagai ana2 alor harus pulang dan buat bae tu alorrrrrrrrrrrrrr
      kasi lebih maju lai….
      salam kenal b ju asli alor…
      dan jangan buat malu orang alor…


  61. // Reply

    alor…..memang indah……bangga ya jd anak alor….mempunyai daerah yang kaya akan bahasa, adat istiadat,eh jangan lupa pemandangan bawah air yang tak kalah bagus…….thanks TUHAN……………


  62. // Reply

    itu belum seberapa, co sering-sering publikasi pemandangan wilayah alor kepulauan seperti pantarisland


    1. // Reply

      sama…………aloar
      beta rindu mau pulang………
      cepat2 desember su………


  63. // Reply

    alor tuch emang indah………………..??????
    trz kapan u kesnanya,,,,,,,heeeeeee……
    BTW dkt rumahku lho,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,??????????
    mampir yuuuuukkkchhhh


  64. // Reply

    aku anak alor asli,
    alor itu indah pantaiX pun indah
    belum tercemar,
    and kalau kesana baX kejutannya,
    jangan pernah ragu untuk mengunjungiX
    saya tunggu kedatangan teman2
    :)


  65. // Reply

    coolllllllllllllll…
    salam buat fren2 alor campar, entho n herlo djeanlau………..


  66. // Reply

    thx ya, saya kan ada tgs kuliah ttg alor, jadi bisa nambah referensi.


  67. // Reply

    hiiiii……….peciNta taNah aloR..haPpy neW year Yeah…i miSz u all.
    doAkan perjuangaN dan pendiDikaN kaMi diTaNah oRang spY sucCes unTuk biSa cepaT puLaNg membangun dan meMbanGgakan Alor terCinta………..
    bagi puLau Pura apuri kebanggaAn kU maju teRus yah.
    klau ada teman yg tau ttG pura ceriTakan kPda iRma yah..thankZ B4 2 u..
    irma sangat rindu mau ke alor..kalau siapa yang mau ke aLor ajak irma yah.
    tanpa alasan irma akan ikut..
    irma sanggat bangga jadi oraNg aLor..walaupun kecil tP saNgat BeSaR di Mata duNia..
    “salam seJahTerA 2 AloR”

    email:irmakelend@yahoo.com


    1. // Reply

      jadi Benar mau ke ALOR??? kapan nich?kita pulang Bareng yuk.


      1. // Reply

        ohhh.tQ lam kenal balik….Irma masi kull y???mmng u ga kenal ma aQ n aQ pn sama tapi dari marga mu aQ kenal kamu asli ALOR (Pura )aq da perna ke pura ga sala 2 x uhhh banyak ikan n tuak manis.he he he…..


      2. // Reply

        tqZZZZZZZZZZZZZZZZZ yuahh..klw g2 roni org mna???ada alamat fB?iya irma lagi kuly nehhh,tp pikiran d alor melulu.eh klw da ke pura,gmn situasinya coz irma blum ksna.tq yeh da mw brbagi info.klww rony???????eh nnt kapan2 qt chatingan yuk.irma stip hari di google truz read about alor island….may God blezzzz u….n mizzz u.


  68. // Reply

    A = Allah
    L = Lindungi.
    O = Orang.
    R = Rantauan.


  69. // Reply

    Pulau alor harus banyak di perhatikan oleh pemerintah..khusnya di bidang pariwisata…karena pemda kota kupang belum memerhatikan pariwisata di NTT khusnya di kota kupang…kalau udah di perhatikan oleh pemerintah saya yakin NTT tidak kalah dari bali..dan yang pastix pengangguran di kota kupang akan mengurang..


  70. // Reply

    saya sangat ingin kembali ke alor. tapi sekarang belum ada kesempata. mungkin lain kali.
    saya ingin sekali minta tolong. situs ini membuat link khusus tentang profil setiap desa yang ada di alor. saya anak kelahiran batam kepri. bapak saya asli lewalu. dia ingin sekali meliaht profil kampung halaman nya. sayya harap bisa di amin kan


    1. // Reply

      to kak saiful karama kakakku, aku juga asli orang alor yang sekarang sementara berdomisili di jakarta. apabila kakak ingin berkunjung ke alor,sebaiknya pikirkan apa yang harus diupayakan(skill,pengetahuan,dan keahlianmu)dan jadikan itu modalmu memulai awal yaang baru selama kakak berada di alor sebagai bentuk investasi.

      from: simeon”Beckaliky” karmalay.


    2. // Reply

      astaga… apa sodara keturununan alor n blom pernah ke alor? smoga doa sodara bisa terjawab? tapi disitu pasti ada juga orang alorkan?


  71. // Reply

    saya jg asli alor…. Alor udah maju…. udah ada jalan raya sampe ke kampung2… bis2, bemo/ angkot udah masuk.. bahkan masih ada bemo ke mali sampe malam…. transportasi udah masuk desa.. jd jgn takut lg bro n sista… pemandangannya luar biasa.. saya waktu liburan maen ke kokar, bahkan sampe batu putih.. nyetir dewe pake motor.. hanya 27km dr pertokoan kampung cina. itu masih singgah d ilawe… d jamin bagi bro n sista yg suka sama pemandangan alam… maka alor pilihannya.. yg suka motret… rugi klo g ke alor… saya yg potonya hnya pake hp ajah d puji2 ma tmn2 ku yg para fotographer.. yg d puji bukan hasil karya saia.. hehe, tp pemandangannya.. hihihi….. yg suka nyelam….. pasti terpuaskan luar biasa… g perlu jauh2 ke karibia.. d Alor, d klaim oleh para diver dunia.. alor terindah kedua setelah karibia…. bukan tempat2 laen yg malah udah terkenal d indo…

    ayoh kalian2 yg udah sukses d luar, pulang dan kembangkan alor lg….. biar lebih d lirik turis lokal……


    1. // Reply

      hi diana… nice meeting u here. wah… sptnya menarik utk tau lbh bnyk ttg Alor ya…
      maube someday, kta mau pergi k sana, jd butuh byk info ttg alor.


      1. // Reply

        halo semua…………
        saya juga anak alor asli…
        alor tu indah.dan orangnya ramah2 tidak ada yang jahat tergantung pembawaan diri kita….
        kalian harus kunjungi semua pantai yang ada disana pasti tidak menyesal………


    2. // Reply

      adow… diana klw bru dengar crita separuh saja jangan cepat ambil kesimpulan masih banyak insfrasruktur di pedalaman alor seperti di gunung besar jalannya masih parah n blom ada listrik tapi klw menyangkut air bersih jangan ragu non bisa minum langsung dari mata air, pemandangan memang bagus tapi klw mau pergi dari satu desa ke desa lainnya kita harus naik turun gunung masih banyak yang harus diperbaiki generasi kita ini untuk memajukan alor tercinta kita ini, jangan kita cepat merasa puas dengan apa yang sudah diberikan generasi sebelumya pada generasi kita ini.


  72. // Reply

    wwwwwwwwwwwaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhh………………..
    stelah baca ni smua……..
    jd pngen pulang ke alor……………
    hehehehehehehehehe…………………..
    tp sy mo nanya,napa pilih brkunjung ke Alor????????


  73. // Reply

    Alor aku kangen aku cinta banget daerah ku…..aku kangen banget…I LOVE You Alor…


  74. // Reply

    Alor aku kangen aku cinta banget daerah ku…..aku kangen banget…I LOVE You Alor… bangga nya aku jadi orang Alor…


  75. // Reply

    ALOR memang Tanah klahiran ku…….ALOR memang luar biasa………ALOR I LOVE YOU


  76. // Reply

    wah….cerita yang menarik…..setelah baca posting di atas, jadi pengen liburan kesana!!!!


  77. // Reply

    wah…luar biasa bgt. thanks to alle utk tulisannya, cukup informatif krn kebetulan lg butuh info2 ttg pulau Alor. and…utk smua yg tau ttg alor (khususnya, yg org Alor asli), please share jg dong ttg pulau ini…soalnya kebanyakan info justru dr org asing loh.
    thanks a lot. God bless!


    1. // Reply

      hai K’grace……..
      aku orang alor asli…..
      alor itu indah terutam pantainya.dari pantai daeere,pantai maimol,pantaisebanjar,alor kecil,kokar(kampung halaman mamaku),ilawe,pulau kepa pokoknya masih banyak lagi tepat wisata tapi belum begitu terekspos…
      dan ke alor tidak pernah nyesel…..^_^

      salam buat semua orang alor..
      rumahku dialor teppatttnya di hombol….
      sekarang lagi merantau mncari ilmu………
      semangat buat anak2 alaor yang sedang mencari ilmu…….


  78. // Reply

    Ada yg berencana ke pulau alor gak ya bulan september abis lebaran ini? sharing info dong. gw kyknya mo coba kesana deh

    tx


  79. // Reply

    pulau alor saya malah belum pernah ke situ .. kaya apa ya tempatnya …?


  80. // Reply

    eh kalau ada informasi yang lebih detail kabarin aku ya,.,,,,
    sebelumnya terimakasih


  81. // Reply

    buat yg pingin ke Alor bisa kita shariing karena aq orang alor asli jadi saya tau persis keadaan geografisnya dll. kebetulan saya juga pingin pulang kampung bisa bareng saya sekalian lebaran di kampung


  82. // Reply

    buat semua yang dirantauan sudah ada kok web pemerintah Alor, beri masukan untuk kemauan Alor tercinta. dan salam kenal buat semua anak2 alor yang di rantauan


  83. // Reply

    gak kerasa juga dah hampir 7 tahun..sa su pi jauh dari alor…sa pi tak mungkin kembali lagi..tapi sa pu anak2 tetap orang alor… masih keingat semua-semua yang sa su rasa… good luck alor


  84. // Reply

    saya pingin mencari kakak saya namanya joao soares asal dari timor leste dia keluar dari timor leste sejak tahun 80 an dan informasi yg saya terima katanya dia sekarang berada di alor bagian timor (maritaing) tolong ada yg menemukan org tersebut tolong hbungi aku di timor leste atau melalui email saya (eugosmig@yahoo.com.au) atau tlp +670 7276603 bantuan anda sangat kami harapkan


  85. // Reply

    AKU INI ORASNG ALOR ASLI MO TAU KAMPUNGKU NAUMANG ALOR TIMUR (KOLANA). AKU SEKARANG ADA DI KALIMANTAN BARAT, AKU INGIN MAU PULANG KEKAMPUNG HALAMAN KU ALOR YANG TERCINTA.


  86. // Reply

    AKU INI ORANG ALOR ASLI,MAU TAU KAMPUNGKU NAUMANG ALOR TIMUR (KOLANA). AKU SEKARANG ADA DI KALIMANTAN BARAT, AKU INGIN MAU PULANG KEKAMPUNG HALAMAN KU ALOR YANG TERCINTA.


  87. // Reply

    Salam hangat buat pemda kab Alor maju dan tetaplah jadi yang terbaik buat masyarakat kab alor,percayalah bahwa ketika kita melakukansesutu yang terbaik disitulah timbul juga yang namanya good gufernance and clean gufernans.pokoknya buatlah yang terbaik untuk alor yang kita cinta,l love foll alor Tuhan memberkati.


  88. // Reply

    ada yang mau kealor gw asli alor n tgl di alor skr lo ada yang mau kesana gw siap kok jadi pemandu buat u pada


  89. // Reply

    ya alor memang ada keunikan tersendiri, bagi aq yg bkawen dgn asli alor kenangan ke pantar itu 1 yg tak terlupakan…… cuma itu aja kalau kacau takut juga ni!!!! krna alor terkenal dengan panahx :p yg penting hormat antara sesama kita n nda sabar pingin main lg di alor


  90. // Reply

    Alor…pulau yang indah, ikannya mantap, rasanya luar biasa enak karena lautnya masih bersih dan rumput lautnya serta terumbu karang masih terpelihara dengan baik disana. Duduk di pantai Mali, memandang birunya laut sambil makan ikan bakar serta minum air kelapa muda, kalau beruntung bisa menikmati mangga kelapa alor yang ukurannya besar. Seumur hidup kenangan itu akan melekat terus. Banyak misteri yang tersimpan dan terjaga lewat cerita-cerita rakyat, keramahan dan persahabatan menjadi daya tarik lain dari Alor. Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik menjadi indikator bahwa masyarakat Alor membuka diri bagi orang-orang dari luar, tapi itu bukan berarti mereka bisa dipermainkan, karena kemampuan memanah yang baik cukup mampu untuk melindungi diri. Aku pasti akan ke Alor lagi…..semoga alamnya masih terjaga..


  91. // Reply

    alor memang indah…………. !!! disana qt menikmati semua hasil bumi dgn baik………. mkn ikan yg segar… hah skrg di kota orang mkn ikan yg uda di taruh di friser berhari-hari on enak le………. kapan bisa pulkam alias plg kampung…. tetaplah dengan semboyan mu yg indah ya
    “TARAMITI TOMINUKU”
    I LOVE YOU FULL…… my vilage….


  92. // Reply

    alor memang indah sy bangga jd orang alor…….
    maupun kita merantau di tnah orang tp alor tdak akan kami lupoa smpai slamanya………………
    I LOVE ALOR


    1. // Reply

      setuju!!!!!!!!!!!
      mau merantau berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tapi alor tidak bisa…..
      Alor kampungku…….
      sedikit lagi,pulang libur..
      ketemu bp,mama,nenek,kakak adik dng…..mama kecil dan sebuah keluaraga yang dialor tepat diHombol
      dan juga ketemu teman-teman tk sampai smp…..
      aku rindu……arabah(kampung)
      )


      1. // Reply

        buat k’rasyid……..
        saya orang alor tepatnya kabola.


      1. // Reply

        buat irma……..
        b tinggal di hombol tepatx…….
        klu irma dulu tinggal dimana????????
        ^_^


  93. // Reply

    Sebagai orang Alor, saya sangat senang dan bangga memiliki tempat seindah Alor. Tks buat bro sdh mengekspose Alor. ALOR = Alamnya Lestari Orangnya Ramah


  94. // Reply

    duh hidup di tanah orang nda seenak hidup di Alor yg penuH kenangan..
    alor kebanggaaan q,
    alor kesayangsn q
    alor kerinduan q
    aq rindu pulang alor

    rindu semua family n handai taulan q..

    smga irma nnt px waktu yg tepat untuk plg lagi ke Alor tercinta.

    Luph alor
    ^_^


  95. // Reply

    Nama ku Ryu. .b asli alor,fanating…makax jngan cuma komentar aja . Skolahx yg serius biar cepat pulng n jd bupati biar alorx lebi maju lae. . .alor talalu sejuk apa lae pemandanganx . . Bwt ana alor yg d luar NTT jdilah orng yg brguna. .ingat kampung halmanmu. . ALOR IS THE BEST. fanating cruw. . . . . . . .


    1. // Reply

      slm kenal ryu…….^_^
      b ida asli alor ju.
      setuju dengan u pu omongan……..
      sekali lagi buat anak2 alor yang lagi merantau jangan pernah lupa kampung halaman…….\
      belajar yang bae ko jadi org agar bisa buat bae tu alor
      ^_*


  96. // Reply

    slm knal ju ida,klw bolotw ida alor mana eeee…??? bwt smua ana alor yg di rantuan orng,smoga sht2 slalu n d syng Tuhan


    1. // Reply

      bwt ryu
      b asli kabola ^_^
      Jangan pernah lupa kita pu tanah kelahiran……..*_^
      Tuhan berkatilah pulau Alor..


  97. // Reply

    bwt irma
    b tinggal di hombol……..^_^
    skrng irma da dimana????
    da kuliah ko???


    1. // Reply

      di MANADO
      yups…irma lG kullya
      klo Ida d mna????


      1. // Reply

        ida lgi di sby
        Sama,masih kuliah..
        merantau,jauh dari keluarga ^_*
        ortu irma ju di manado???


    2. // Reply

      alor kau selalu di hatiku dan takkan tergantikan.. walau engkau jauh dimata


  98. // Reply

    wah,,, asyik..

    kpan ke Alor lagiiiiiiiiiiiii


  99. // Reply

    Renc…mau jd Istri org ALor.
    Tp……baca n liat photonya, aku jd takut.
    Abiss…..biasanya pg ke Mall, eh…dsn ternyata “???”
    aduhhh………..
    Apa lg cerita musim kemarau jrg mandi. OMG…!!!
    Bisa mati berdiri kalau gt…….

    Jadi merinding…. (Takut ga tahan dgn situasinya)
    Gimana ni???

    Peace…………………………….


    1. // Reply

      @.Ika:kok gtu..,pasrah amat…..


  100. // Reply

    MA PI HAM2 PI BANG PI PALI U ATELANG TOH; KARNA LAW LAANA MAN SIWAAKA


  101. // Reply

    Masya ALLAH, KABOLA DOY DOPORO TOM EY KEYNUN, NADEN FE SAM PALI MOL DOPO MI TOH MILA SOE, ya ALLAH… Ijinknlh unt kpulangnku tgl 22 ini brsma 2 og adeku [IDRIS S BAIN, N ASRIYANI MM SALEH, krn sdah Kurang lbh 5 thn lmx kmi mningglkn kluarga d mpung hlaman: ALOR kalabahi aloindonu Alila selatan. NIW NUN NIMANG NUN, NI NAME O PALI TA TUN 5 OM MI AMHO O, BA NIRI U DOA E NAME MATE NIRI IJIN SAM NIW NUN NIMANG NUN AHOL AM FE NI FOY HO SUKABUMI JAWA BARAT PALI TA ILMU TUNTUT LAME, NIW NUN NIMANG NUN NO UDING BAR NO MATU BAR NIOM IRI U SUSA MIN,


  102. // Reply

    suwanggi air lines terbang dari alor rute seluruh duni free of chas bagi penumpang yg sama rutenya,,,,,,
    hohohohohohoh


    1. // Reply

      hay hay hay papa suanggiii…. jangan bikin tamba hitam dong!!!! kasi koment yng positiflah galey,, jika ingin kampung kita maju juallah sisi positifnya jangan tonjolkan hitamnya..peace n love.”TARA MITTI TOMI NUKU”..


      1. // Reply

        tidk2 pa2 sebenarnyaaa,,tpi kita sebgai genrsai muda harus menunjukkan yang baik dan permanfaat walupun kita thu alor belum bgtu maju seperti daerah lain,,tpi distu fungsinya kita sebagai generasi muda..untuk bungun alor
        salam “TARAMITI TOMINUKU”


  103. // Reply

    Saat ini ke arah alor timur digunakan truk sbg transportasi umum,jd bagian belakangnya diberi tempat duduk yg berhadapan dan atapnya diberi terpal. Panser sudah jarang sekali digunakan. Pesawatyg diceritakan di blog ini sudah tdk ada lagi,adanya pesawat yg lebih besar,merpati atau transnusa. Listrik di desa2 seperti di kolana alor timur br ada desember2010,menyala hanya malam hr.saat sy tgs di mainang “istrik blm ada.sinyal ga ada. Kalo bosen ga ngemall,tp jalan2 menikmati alam.bs kok hidup begitu :) Sy di sana th 2007- 2008. Suami masih tgs di sana. Semua manusia sama,di jawa,di alor,dsb,hanya adat kebiasaan yg berbeda. Di alor dan kebanyakan daerah indonesia timur org bicara dgn suara keras. Yg pasti,indonesia bukan hanya jawa,indonesia jg termasuk alor,maluku dsb.


  104. // Reply

    setelah liburan hampir sebulan di alor akhirnya saya harus kembali merantau menuntut ilmu nun jauh ditanah orang
    bapa,mama dan sodara dong doakan saya untuk bisa sukses.
    saya rindu rumah…….tapi bagaimana lagiiiiiiiiiii
    desember baru bisa pulang lagiiii
    Tuhan pimpin tanah alorrrrrrrrr
    biar alor majuuuuuu
    Berkatilah nusa kenari Tuhan
    Salam treakhir ” TARA MITI TOMINUKU”


    1. // Reply

      tara miti tomi nuku tara melang tara paneng hoba pila nuku apa begitu lanjutannya? yang gw ingat tntang alor adalah dinginnya, bayangin sampai jam 11 air di kali ataupun di mata air masih dingin seperti es boro2 mandi cuci muka aja gw gak brani, yang kedua tu gelapnya di pedalaman alor “gunung besar” belum ada sarana listrik guaaaallllaaaaaaaaaaaap.


  105. // Reply

    merantau adalah suatu hal yang membuat belajar dari banyak pengalaman untuk membuka lembaran Massa depan lebih baik dan gemilang untuk negeri ku !!!
    Kembali ke alor dan berbakti untuk alor adalah impian ku.


  106. // Reply

    Teman say orang Alor… dia suka cerita tentang keindahannya.. jadi penasaran ni….


  107. // Reply

    pesan temanku (Simeon Karmalay,100% asli alor) : sisihkanlah jajanmu dari skarang dan berkunjunglah sekali lagi di alor tahun 2020 nanti, saya jamin anda sekalian akan saya jamu di 20 titik akses wisata bahari lengkap penginapan ala villa, dalam 1 paket wisata.doakan saya mewujudkan dan membantu kalian memuaskan selera traveling kalian. peace n love 4 you all my brother.I am learning in jakarta,next year I’ll be right back to my homecountry to develop it.


  108. // Reply

    bwt ben,,thx untuk menyampaikan pesanaya
    n bwt simeon.. mudah-mudahan semuanaya itu bisa terwujud..
    sy juga asli 100% ALOR,,dan untuk semua generasi muda ALOR..setlh kuliah atw mencari pengalaman di tanah orang..jgn lupa untuk pulang dan bwt bae kampung halaman kita (ALOR)..mas kita kasi maju tanah org tapi tanh sendiri tidak kasi majuuuu
    Dan jgn pernah tutup mata atau tidak peduli dengan PULAU ALOR…masih terlalu banyak yang harus diperbaiki

    Slam bwt generasi muda ALOR dimana saja..
    Khusus…ana2 hogan (HOMBOL)


    1. // Reply

      sorry… saya dari lembur makanya komentar saya tajam jangan sodara smua tersinggung karna yang saya bicarakan di atas adalah komentar tentang kampung halaman saya sendiri ATENGMELANG klw sodara smua tidak tau baca sejarah alor, hanya sodara dong biar bagaimana juga alor is the best island (The Pieces of Atlantis). yang stuju angkat moko…. gubrak!


  109. // Reply

    Salam kenal,

    Tgl 25 Juli 2012 sy bersandang ke p Alor selama 6 hari.
    Banyak hal yang saya dapat disana.
    Tgl 11 September saya akan k p Alor lagi selama 2 minggu.
    Adakah rekan2 yang sedang bersandang di p Alor juga ditanggal tsb?

    trims,

    Semoga Alor mengalami mujizat besar


  110. // Reply

    memang begitulah kenyataan tentang alor masih butuh waktu yang lama untuk membangun alor buat sodara2 smua yang lagi di perantauan sambil menuntut ilmu ataupun mncari pengalaman hidup suatu saat kita semua harus kembali ke alor dan membangun daerah kita ini, bila perlu kita buat jembatan alor besar – pura – pantar, di gunung besar kita buat eskalator, GANTUNGKAN CITA2MU SETINGGI BINTANG DI LANGIT

    APA YANG BAIK KITA TURUN BARU NAIK LAGI


  111. // Reply

    Segala sesuatu yg di Ciptakan Oleh Allah sangat amat muliah dan unik, Alor Is The Best….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *