CNAP di UII yang nèmpè!!!

CiscoUdah dua minggu ikutan kelas Fast Track CNAP-CCNA di UII, maklum di UGM gak ada tuh! Ada (mungkin jg) hanya dikhususkan untuk mahasiswa Teknik Elektro doank.

OK, first impression is good! Yang nerima saya Mas Syarif yang gak lain alumni Ilkom UGM juga tapi angkatan ’98 (CMIIW). Begitu antusiasnya Mas Syarif ketika ada mahasiswa UGM yang daftar, sampe nyerita-nyeritain klo KaJur TIF UII itu juga mantan Ilkom UGM… hehehe… bangga dikit! 

Pertemuan pertama dan kedua saya gak bisa ikutan, ‘coz ada kerjaan. Pertemuan ketiga baru nyadar klo yang ngajar Mas Dewo bukan Mas Syarif itu juga pas dkasih tau Fachry. Ternyata bener, yang ngajar kelas saya adalah beliau yang notabene menjabat sebagai Secondary Instructor.

Kelas itu terasa lambat, Mas Dewo cuma menjelaskan sesuai yang ada di modul. Karena bersifat e-Learning, sayapun pasti mengerti apa yang saya baca klo konten yang dijelaskan cuma terbatas di modul itu. Meskipun beliau sangat menguasai yang namanya Cisco itu, tapi dengan berat hati saya mengatakan Mas Dewo kurang cucok buat jadi instruktor.

Kekecewaan ke-2,.. Heraaann, nama saya yang sangat bagus ini Alter Daya Ulya A.N. mengapa selalu ditolak yah buat registrasi online class. Klo gak bisa registrasi kan repot, ‘coz mo ngikut assessment test mesti punya account dulu. Weleh2,.. udah dicoba berbagai cara dengan mengganti ALTER hanya dengan A, tapi yah tetep aja gak bisa. Itu juga atas masukan dari Mas Dewo ‘coz takutnya kata ALTER itu mengganggu basisi data di sono. Lha! bagaimana mungkin,.. membaca saja saya sulit,.. 😀 eh salah,.. bagaimana mungkin, udah berapa situs (e-mail gratisan, FS, dan situs yang memiliki account saya) dijejali dengan nama ALTER?? Dan selama ini sukses ajah klo registrasi… Setelah saya cermati itu disebabkan nama saya blom memiliki nick yang harus dicantumkan oleh si empunya kelas.

Exam ResultHari ini assessment test module 4. Harusnya minggu lalu berhubung minggu lalau gak bisa dateng so minta dibuka assessment test di hari ini. Materi module 4 itu tentang Cable Testing. Keliatannya gampang-gampang susah ternyata SUSAH! Skor yang didapet: 66,7% weekksss!!!!

Lha itu bukan saya aja yang oon,.. ternyata setelah diinvestigasi Fachry pun mendapat angka 60% dan nilai tertinggi di kelas untuk module 4 cuma 80%-an, padahal biasanya ada yang dapet 100%.

Kesuksesan mengajar kan klo menggunakan parameter kuis yang standar, yah bisa juga standarisasi ujian seperti UN, SPMB dll, adalah antara yang diajar sama yang ngajar. Yang diajar gak semuanya oon seperti saya, yang kemampuan bahasa inggris pas2an dan pengetahuan jaringan yang segitu-segitu aja. Tapi juga ada beberapa oom2 yang dah malangmelintang di dunia Networking dan mengambil kelas ini.

Soal-soal tes itu terlalu sulit klo hanya mengandalkan pegangan modul, yang dibaca oleh orang-orang yang diajar dan diulang (dibaca) kembali oleh yang mengajar. Soal-soal itu merupakan cerminan dari praktis menggunakan alat oleh yang diajar dan dikaitkan dengan pengetahuan (pengalaman) yang diberikan oleh pengajar.

CNAPMemang saya gak masuk di materi module 4, tapi toh sama aja kan klo saya buka web e-Learning nya buat baca-baca dan langsung ikutan tes? ‘coz yang mengajar juga hanya menjelaskan sebatas isi modul. Ini juga sama ketika ikutan assessment module 5: saya cuma dapet 80% hixhix,.. Module 5 saya ikutan hadir sebelumnya, tetapi yah sama sepeti module2 sebelumnya: Saya gak bisa nahan kantuk dari dongeng nya Mas Dewo. 😀

by

15 Comments


  1. // Reply

    Belajar dewe ae kang, terus bikin orang lain tahu kinerje diri, gak usah ikutan gitu, nanti kayak ijazah2 sekolah itu lagi. :) gak ding wis selamat belajar ajalah. BTW dikampus apa gak dikasih ilmu gituan yah?


  2. // Reply

    #1
    insyaAllah,.. istiqomah hehehehe… 😀

    #2
    sebenernya gampang bgt dapet sertifikasi CCNA, tapi saya milih untuk belajar langsung Pak. Klo di kampus cuma dikasih pengetahuan sebatas jarkom & komunikasi data aja. klo cisco sendiri gak


  3. // Reply

    wah-wah. jangan gitu dunk le.. pake patah semangat lagi? jalanin aja dulu CNAP-nya. siapa tau pas wawancara kerja ntar ditanyain, “apakah kamu pernah mendapat skor jelek saat ikut CNAP?”. ayo belajar yang rajin dunk!


  4. // Reply

    hehehe..CCNA 1 ni bener2 kelas E..mudah2an selanjutnya ndak gini lagi..


  5. // Reply

    #4
    klo dukung seseorang jgn nanggung2 john,.. seklaian partisipasi komputer, printer dan LAN nya disediain hehehe…

    #5
    semoga yah ri,..
    semoga juga instructor nya beda2 tiap tingkat


  6. // Reply

    wew.. mau tanya.. apa semua lembaga/instansi yang ngajarin CCNA itu sesuai dengan kurikulum cisco internasional?
    udah pernah nyoba ikutin tesnya belum li.. kalo udah bagi-bagi pengalamannya.. soal e mau ikut nyobain ccna.


  7. // Reply

    ternyata ga cuman aku toh yang ngantuk tak kirain cuman aku yang dah kurang gizi dan jadi lemes gitu klo ikut kursus ini he3 btw tetap semangat


  8. // Reply

    #7
    Pastinya sesuai kurikulum Cisco. Lembaga/instansi itu kan klo mo nyelenggarain CNAP-CCNA mesti harus ada seleksi dan persetujuan dulu dari Cisco. ada tingkatan jabatan regional dan local. CMIIW
    Ntar deh gw share soal-soal assessment test per modulnya. Sekarang sih gw masih di CCNA1

    #8
    hehehe,.. u know lah,.kelasnya kan dimulai jam 1 siang. Abis makan siang gituh! jelas aja ngantuk hehehe,..
    Insyaallah,.. selalu semangat


  9. // Reply

    udah pernah diajar mas gesit belum? kalo menrutku sih, dari segi ngajar dan kemampuan, mas gesit megang. ya..ga cuma anda saja yang berkeluh seperti ini. silahkan berkonspirasi dengan peserta lainnya untuk membicarakan yang terbaik ttg course ini, khususnya dari segi pengajar. he..he..sorry ikut2an


  10. // Reply

    #10
    wah boleh dicoba tuh! ntr aku usulin ma mas syarif. Thx 4 info.
    Gpp lagi co,.. hehehe… thx dah mampir


  11. // Reply

    maksudnya kelas Fast Track itu apa yah?? Saya ikut tapi bukan yang fast track. kalo semester 1 memang agak bosen tapi kalo instrukturnya kreatif dikit kelas jadi bisa menarik. apalagi kalo bisa analisa paket. karena ada jg kerja yg sperti ini. tdk harus kutak-katik bgt cisco router ato switch. Tapi setau saya kurikulum itu sesuai dengan CCNA Internasional. buktinya bisa lulus CCNA :)


  12. // Reply

    Di paragraf kedua itu kliatannya anda bangga bgt dengan Alumni UGM. Kita aja sebagai pihak UII para alumninya banyak yg Duduk di kursi pemerintahan termasuk di DPR dan MPR, tapi kita biasa aja kok. kita sebagai pihak UII ga pernah nyombong. Hidup UII


  13. // Reply

    mas kalau mau ikutan cisco emangnya cuma anak universitas aja ya yang bisa daftar


  14. // Reply

    Dulu pas jaman Primary Instructornya masi ada, mas Wawan sama Mas Andri di CNAP UII , bagus tuh Cisco nya, cuman memang setelah ditinggal kedua instruktur itu jadi agak kendor kayanya cisconya.. kayanya pada sekolah ke luar negri. Entah sekarang masi sebagus dulu apa nggak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *