Hari (Ini) Asyura

Terimakasih P’Didik untuk kultum magrib kemarin,. dan juga Fachry atas SMSnya tadi malam yang mengingatkan saya bahwa hari ini adalah tanggal 10 Muharam (Asyura). Kenapa hari ini begitu istimewa bagi kaum Muslim? Next I try to explain it, walopun dengan keterbatasan pengetahuan, moga bermanfaat… 😀

 

 

Muharam merupakan bulanyang diberkahi oleh Allah. Di bulan ini banyak terjadi peristiwa bersejarah dalam Islam, peristiwa-peristiwa tersebut antara lain adalah:

 

  • Tubat Nabi Adam AS diterima. Setelah beratus-ratus tahun Nabi Adam AS meminta taubat kepada Allah, maka pada tanggal 10 Muharam Allah baru mengabulkannya.
  • 40 keluarag terselamatkan dari hempasan saat perahu berlabuh. Salah satunya adalah Nabi Nuh AS.
  • Nabi Ibrahim AS dilahirkan. Dan pada tanggal 10 Muharam ini juga Allah menyelamatkan Nabi Ibrahim AS dari kobaran api yang membakarnya. Api yang telah disulut oleh Namrud dirasakan Nabi begitu sejuknya hanya karena kuasa Allah SWT.
  • Nabi Daud yang telah memliki 99 istri dan ingin merampas istri orang lain akhirnya diterima taubatnya atas perbuatannya tersebut.
  • Allah SWT memberikan mukjizat kepada Nabi Musa AS, yaitu dengan memberikan tongkat yang dapat berubah menjadi ular serta dapat membelah lautan untuk menumpas kekejaman Fir’aun.
  • Berakhirnya kekejaman Fir’aun. Tenggelamnya Qarun beserta harta-hartanya. Juga Haman.
  • Terselamatkannya Nabi Yunus AS yang telah terkurung dalam perut ikan selama 40 hari atas kekuasaan Allah SWT.
  • Kembalinya kerajaan Nabi Sulaiman AS.

Wah ternyata sangat berarti sekali bukan Hari Asyura ini? Bagaimana kita memaknainya? Ada bebrapa adab atau sunah yang dapat kita lakukan sebagai bentuk pe maknaan juga penghormatan kita kepada Hari Asyura yaitu: Berpuasa! Niatkan untuk berpuasa Asyura seperti hadist be rikut: “Barang siapa yang berpuasa pada hari Asyu ra (10 Muharam) maka dapat menghapus dosa-dosa setahun kemarin (HR Muslim)” Begitu besarnya pahala yang dijanjikan. Ada bebrapa hadist yang malah mengungkapkan bahwa ganjarannya tidak hanya menghapus dosa tetapi juga pahala sepuluh ribu malaikat dan juga akan diberi pahala sepuluh ribu orang berhaji dan berumrah dan sepuluh ribu orang mati syahid. Subhanallah!

Puasa Asyura ada beberapa pandangan. Ada yang menyebutkan pada tanggal 9, 10, dan 11. Ada juga yang mengatakan 9 dan 10 saja. Atau 10 dan 11. Atau 10 Muharam saja. Keterangan lanjut ada di sini!

Ada juga yang menyebutkan tidak hanya puasa saja yang disunatkan, tetapi sunah-sunah lain seperti:

  • Menjamu orang yang berpuasa
  • Mengusap rambut anak yatim
  • Mandi sunat dan lainnya

sepeti yang saya kutip dari sini! Jika ada hadist yang tidak membenarkannya atau jika ada yang memiliki pengetahuan lebih sebaiknya kutipan saja diperbarui dari asalnya. Karena seperti yang saya baca di Assunah, jangan sampai apa yang kita lakukan untuk menghormati 10 Muharam malah kita melakukan sesuatu yang bid’ah.

Link yang bagus buat baca-baca:

by

4 Comments


  1. // Reply

    Hmm..sy juga ndak puasa e kemaren, smoga masih diberi kesempatan di Muharram tahun depan…amiin


  2. // Reply

    pagi ini aku telat bangun dengan kondisi perut sakit,.. soalnya tengah malem diajakin diwan makan di McD,..
    sama,.. gak puasa jg nih di tgl 11


  3. // Reply

    inilah ga enaknya di amrik, tidak kerasa suasana islamnya sama sekali yang bisa mengingatkan kita..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *